Plt Wali Kota Palembang Segera Ditetapkan

 203 total views,  2 views today

Romi herton beserta istrinya didampingi wakilnya harnojoyo memerikan keterangan kepada wak media sesaat setelah penggeledahan rumahnya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), beberapa waktu lalu.  Foto : Bagus Kurniawan/KS

Romi herton beserta istrinya didampingi wakilnya harnojoyo memerikan keterangan kepada wak media sesaat setelah penggeledahan rumahnya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), beberapa waktu lalu. | Foto : Bagus Kurniawan/KS

  • Harnojoyo Plt, Romi Berhenti

PALEMBANG – Pihak Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memastikan dalam waktu dekat akan segera mengeluarkan surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tentang penunjukan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Palembang dan pemberhentian sementara Romi Herton sebagai Wali Kota (Wako). Hal itu dikatakan oleh Kepala Biro Otonomi Daerah (Otda) Setda Sumsel, Amsin saat diwawancarai di kantor gubernur, Selasa (25/11).

Amsin menyebutkan, saat ini surat pengajuan pemberhentian sementara Romi Herton dan penunjukan Plt wali kota sudah diberikan ke pihak Mendagri khususnya di Dirjen Otonomi Daerah. Oleh karena itu, dipastikan dalam waktu dekat SK tersebut akan dikeluarkan.

“Kemarin saya sudah terbang ke Jakarta untuk mengurus langsung berkas-berkasnya. Isi suratnya dengan mengajukan Wakil Wali Kota (Wawako sekarang Harnojoyo untuk menjabat sebagai Plt,” urai Amsin.

Ditanya mengenai ada pihak-pihak yang berupaya menjegal surat penunjukan Plt Wako dan penonaktifan Romi, Amsin membantah hal tersebut dengan menerangkan bahwa hal demikian tidaklah benar karena surat tersebut sudah ditandatangani langsung oleh gubernur untuk diusulkan ke Kemendagri.

“Itu sama sekali tidak benar dan hanya isu. Sebab kita sudah mengacu pada UU khususnya Perppu Nomor 2 tahun 2014 tentang pemerintah daerah,” tegasnya.

Jika nantinya sudah ditetapkan Plt Wako, lanjut Amsin, untuk menentukan siapa yang akan menjadi wakilnya, pihaknya masih menunggu petunjuk selanjutnya.

“Yang sedang kita bicarakan saat ini untuk dijadikan acuan adalah setelah pengangkatan Wakil Gubernur DKI diangkat menjadi Gubernur setelah itu apakah melalui proses pemilihan di DPRD ataukah ditunjuk langsung oleh kepala daerah tersebut. Dan sampai sekarang hal ini masih menunggu,” ucapnya.

 

TEKS   : IMAM MAHFUZ

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster