Durian Banjiri Pasar Tradisional

 248 total views,  4 views today

Penjual Buah Durian disalah Satu Pasar yang ada di Palembang | Foto : Bagus Kurniawan

Penjual Buah Durian disalah Satu Pasar yang ada di Palembang | Foto : Bagus Kurniawan

PALEMBANG – Memasuki akhir tahun, buah durian dari berbagai daerah di Sumatera Selatan akan membanjiri pasar-pasar yang ada di Kota Palembang. Hal ini terlihat dari banyaknya lapak yang berada di Pasar Kuto yang menjajakan buah durian.

Udin, penjual buah durian di kawasan Pasar Kuto Palembang mengungkapkan, memasuki akhir tahun pasokan buah durian akan melimpah, hal ini di karenakan sejumlah daerah penghasil buah durian akan melakukan panen besar-besaran.

“Untuk pasokan durian yang di jual saat ini berasal dari Kikim Lahat dan Empat Lawang. Namun untuk buah durian yang berasal dari daerah seperti OKI, Sekayu, OKU, dan Musi Rawas kemungkinan akan panen pada bulan Desember hingga Maret,” katanya,

Kata Udin, meski pasokan durian yang ada di lapaknya relatif sedikit, namun untuk harga buah durian saat ini relatif murah berkisar Rp Rp 10.000, Rp 15.000, hingga Rp 25.000 perbuah sesuai dengan ukuran.

“Dengan stok sedikit, namun untuk omzet penjualan sehari mencapai Rp 4 juta, sedangkan pada saat stock banyak omzet bisa mencapai Rp 8 juta,” ungkapnya.

Sedangkan Aji, penjual durian dikawasan yang sama mengatakan saat ini memang lagi musim buah durian, tak heran saat ini banyak orang yang menyerbu buah durian, tidak terkecuali di lapak durian yang dia jual. Untuk penjualan buah durian pada tahun ini mengalami peningkatan dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, meski stocknya terbatas.

“Omzet sehari dari menjual puluhan buah durian mencapai Rp 4 juta, tapi saat lagi banyak pembeli omzet yang saya peroleh pun lebih besar terutama malam Minggu,” katanya.

Buah durian yang dia jual berasal dari Empat Lawang dan Kikim Lahat. Buah durian dari dua Kabupaten ini, kata Aji, memang masih primadona bagi penikmat durian di Palembang.

“Banyak pembeli durian yang datang mengincar buah durian dari Empat Lawang dan Kikim Lahat karena rasanya lebih enak dan kualitasnya lebih baik dari daerah lain,” katanya.

Sementara itu salah seorang pembeli buah durian, Marja mengatakan dia memang sudah belasan tahun sebagai penikmat buah durian. Tidak heran jika musim durian tiba dia sempatkan untuk mendatangi lapak-lapak pedagang buah durian sekedar untuk membeli buah durian.

“Kalau musim durian tiba saya selalu membawa keluarga saya untuk membeli durian kadang kami makan durian langsung di tempat jualnya,” ujarnya.

 

TEKS   : AMINUDDIN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster