Satu Miliar Satu Desa, Desa Bisa Bangun Pustu

6 total views, 3 views today

SEKAYU – Adanya pelayanan kesehatan yang dilakukan dibawah rumah di dusun satu Desa Petaling, Kecamatan Lais, mendapat tanggapan dari Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Muba dr Hj Sriwijayarni Mkes. Dengan anggaran alokasi dana desa (ADD) 1 Miliar 1 Desa, maka  pemerintah desa bisa bangun pusat kesehatan pembantu (Pustu).

“Seharusnya desa sudah bisa membangun sendiri gedung Pustu di desa yang tidak memiliki Pustu dan dianggap perlu, tidak harus menggunakan dana Dinkes karena desa ada dana sendiri,”ujar Sri.

Diakuinya, memang benar ada desa yang belum punya Pustu dan dinilai layak jika dibangun Pustu. Namun, pemerintah desa seperti Kades dapat berkoordinasi dengan warga setelah itu berkoordinasi dengan Dinkes  untuk posisi ruangan Pustu, alat kesehatan (Alkes) dan mobiler.

Untuk tenaga medis jika di desa tersebut ada bidan maka Kades dapat mengusulkan bidan tersebut yang menunggu Pustu atau pun bidan yang sudah ada di desa tapi belum ada tempat pelayanan kesehatan.

“Kades harusnya dapat lebih aktif mengenai pelayanan kesehatan di Muba dapat maksimal sehingga program Permata Muba 2017 dapat terwujud  sesuai dengan program Dinkes,” katanya.

 

TEKS    : BAGUS SANTOSO

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com