Polda Sumsel Amankan 28 Ton Minyak Mentah Ilegal

 318 total views,  2 views today

Barang Bukti Truk Tanki yang Berhasil Diamankan Polda Sumsel | Ist

Barang Bukti Truk Tanki yang Berhasil Diamankan Polda Sumsel | Ist

PALEMBANG – Kepolisian Daerah (Polda), Sumatera Selatan (Sumsel), melalui Pengamanan Opjek Fital (Pamofit) berhasil mengamankan satu unit truk tangki, B 9104 GFU berisi 28ton minyak mentah hasil sulingan di Jalan Sukarno Hatta, No 11, Kecamatan Alang-Alang Lebar Palembang, Senin (24/11) sekitar pukul 09.00 WIB.

Selain itu, anggota juga mengamankan Khotip, sopir dan Nur selaku kernet. Saat ini truk dan minyak mentah diamankan di Mapolda Sumsel, sementara kasus ini ditangani oleh unit Tipiter Polda Sumsel.

Panit Tipiter Polda Sumsel, Iptu Sapta mengatakan, pengamanan minyak berawal saat anggota pamofit Polda Sumsel melalukan patroli rutin dan melihat truk tersebut sedang terparkir di pinggir Jalan Sukarno Hatta, No 11, Kecamatan Alang-Alang Lebar Palembang.

“Melihat mobil tersebut anggota pamofit langsung melakukan pemeriksaan. Saat diperiksa diketahui mobil tersebut membawa minyak, namun saat ditanya dokumen terkait minyak tersebut, sopir dan kernet tidak bisa menunjukan surat-surat pengagkutan minyak tersebut,” kata Sapta.

Dilanjutkan Sapta, saat ini kedua pelaku masih kita lakukan pemeriksaan secara intensif untuk mengetahui pemilik dan pemesan minyak tersebut, karena dari informasi sementara minyak tersebut berasal dari Pekanbaru dan akan di bawa ke Cekarang Jakarta.

“Minyak tersebut akan dibawa ke Jakarta dengan mengunakan jalur darat, sementara mobil yang digunakan milik PT Sinar Surya Maju Sentosa,” kata Sapta.

Khotip, sopir truk mengatakan minyak tersebut berasal dari Pekan Baru. Dirinya tidak mengetahui minyak tersebut milik siapa dan akan dibeli dengan siapa.

“Saya tahunya minyak itu milik PT Sinar Surya Maju Sentosa, saya di gaji Rp 2,5 juta/ bulanya oleh PT Sinar Surya Maju Sentosa saya tidak tahu minyak itu milik siapa dan siapa pembelinya,” kilah Khotip yang tercatat sebagai warga Serang, Banten.

Ditambahkan Khotip, dirinya baru pertama kali mengantar minyak tersebut sehingga dirinya tidak tahu seberapa sering PT Sinar Surya Maju Sentosa menjual minyak ke Jakarta.

“Saya baru bekerja disana, jadi saya tidak tahu berapa kali PT Sinar Surya Maju Sentosa menjual minyak ke Jakarta,” pungkas Khotip.

 

Teks    : Oscar Ryzal

Editor   : Junaedi Abdillah

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster