Peserta Cemas, Hasil Tes CPNS Pagaralam Molor

 89 total views,  3 views today

  • Moratorium MenPAN RB Mulai Berlaku 2015

PAGARALAM – Terkait belum adanya kepastian pengumuman hasil tes CPNS yang dilaksanakan akhir Oktober 2014 lalu, para peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 Kota Pagaralam mulai mencemaskan semua itu. Apalagi beredar informasi adanya moratorium CPNS oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN) selama lima tahun mulai 2015.

“Jika pengumuman tes itu tidak dilaksanakan Desember tahun ini alias molor, kami cemas dan merasa was-was jika diumumkan tahun depan. Ya takutnya sudah diberlakukan moratorium itu,” kata Angga, salah seorang peserta tes, kemarin (24/11).

Menurutnya, jika pengumuman dilaksanakan serentak dengan daerah lain, sedangkan daerah lain itu ada yang sampai lebih sebulan pelaksanaan tesnya. Takutnya sudah masuk diberlakukannya moratorium tersebut

“Sebentar lagi menjelang bulan Desember 2014. Sedangkan daerah lain ada yang bulan November baru dilaksanakan tesnya, bisa-bisa selesai hingga tahun depan,” ujarnya dengan nada cemas.

Serupa dikemukakan Sarie, peserta lainnya punya kecemasan yang sama jika pengumuman akan molor apalagi sampai batal. “Kami berharap semoga saja pengumuman yang konon kabarnya diakhir tahun 2014 benar-benar dilaksanakan dan tidak ada penundaan,” hendaknya.

Pelaksanaan CPNS ini lanjutnya, merupakan kesempatan terakhirnya. Karena dirinya sebetar lagi genap berusia 35 tahun.

“Kalau tahun depan ada lagi penerimaan, ya usia saya sudah tidak memungkinkan lagi untuk mengikuti tes ini,” terangnya.

Terkait belum ada kepastian pengumuman tes dimaksud, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pagaralam, Imam Pasli SSTP MSi menepis anggapan penundaan itu. Ia menjelaskan usai menjalani serangkaian tahapan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi umum tahun anggaran 2014, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) dijadwalkan akan mengumukan hasil Tes Kemampuan Dasar (TKD) pada Desember 2014 mendatang.

“Untuk tanggal pasti pengumumannya memang belum dapat ditentukan, karena masih menunggu petunjuk teknis lebih lanjut. Meski begitu, tampaknya tidak akan ada penundaan jika disesuaikan dengan informasi yang diterima BKD Kota Pagaralam. Panselnas hanya memberikan hasil yang hanya memenuhi passing grade saja, juga berdasarkan ranking,” katanya.

Namun demikian, kata Imam, pihaknya hingga saat ini terus melakukan koordinasi dengan BKN Regional VII dan Panselnas. Ia menjelaskan, jumlah kuota penerimaan CPNS formasi anggaran 2014 Kota Pagaralam ada sebanyak 82 formasi, namun ada sebanyak 10 formasi yang tidak ada sama sekali pelamarnya, salahsatunya formasi transfusi darah.

“Usai dinyatakan lulus seleksi TKD, peserta selanjutnya menyerahkan berkas lamaran yang ditujukan ke Wali Kota Pagaralam sesuai dengan batas waktu yang ditentukan serta melengkapi persyaratan lainnya yang telah terlampir dalam pengumuman CPNS Pemkot Pagaralam fomasi umum anggaran tahun 2014,” terangnya.

Sementara mengenai moratorium yang pernah disampaikan MenPAN RB, Imam mengatakan moratorium itu berlaku untuk tahun depan. Sementara untuk pelaksanaan yang sudah berjalan belum terkena aturan itu.

“Kalau sudah berjalan, tetap akan dilanjutkan hingga selesai diumumkan. Apalagi kegiatan itu merupakan program 2014,” tegasnya.

TEKS:ANTONI STEFEN
EDITOR:RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster