Periode Januari-November, Dukcapil Ogan Ilir Keluarkan 9723 Akta

 220 total views,  2 views today

INDRALAYA – Kesadaran masyarakat Kabupaten Ogan Ilir (OI) akan pentingnya membuat akta kelahiran sepertinya sudah mulai meningkat. Terbukti, pada kurun waktu Januari-November, ada sekitar 9723 akta kelahiran yang dikeluarkan oleh pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil)  Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Dukcapil OI, Lutfi melalui  Kabid Pencatatan Sipil, Samsul Rahman, Senin (24/11), kemarin.

Menurutnya, pembuatan akta kelahiran yang berusia dibawah 60hari sebanyak 4213 orang, akta kelahiran yang berusia diatas 60hari sebanyak 1655 orang. “Sementara untuk yang berusia diatas satu tahun  berjumlah 3855 akta,” ucapnya.

Lanjut Samsul Rahman, sepertinya tingkat kesadaran masyarakat untuk membuat akta kelahiran sangat tinggi, terbukti dalam tiap bulannya terus terjadi peningkatan.

“Kita sudah melakukan kerjasama dengan Dinas Kesehatan dengan memberikan himbauan kepada bidan desa agar setiap membantu melahirkan juga dibantu pengurusan  pembuatan akta kelahiran bayi sang bayi,” sambungnya.

Untuk usia diatas satu tahun, masih kata Samsul, sepertinya kesadaran masyarakat timbul saat mengurusi administrasi untuk melengkapi berkas saat mau pendaftaran sekolah, saat mau melamar pekerjaan juga saat hendak menunaikan ibadah umroh atau naik haji.

“Kesadaran masyarakat OI mengenai kebutuhan akta kelahiran cukup tinggi, apalagi terhadap bayi-bayi yang berusia dibawah 60hari biasanya langsung dikoordinir oleh bidan desanya,” ujar Samsul Rahman.
Teks     : Junaedi Abdillah





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster