OKI Paling Banyak Terima PSKS

 331 total views,  4 views today

KAYUAGUNG – Sebanyak 51.002 Rumah Tangga Sasaran (RTS) akan mendapakan bantuan dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) dari pusat yang disalurkan melalui kantor pos. Untuk Kabupaten OKI sendiri dari jumlah 51.002 RTS total dana yang akan disalurkan sebesar Rp 20,4 miliar sebagai dana kompensasi akibat kenaikan harga BBM bagi keluarga tidak mampu, khususnya di wilayah Bumi Bende Seguguk.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos)  Kabupaten OKI, Muhammad Amin, SPd, Senin (24/11) mengatakan, dana PSKS itu sudah bisa  diambil di kantor pos sejak tanggal 22 November lalu.

“Dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), besarannya untuk satu RTS Rp 400 ribu, di OKI ada 51,002 RTS, dana tersebut tidak ada istilah hangus bisa diambil kapan saja, yang penting punya kartu,” ungkapnya.

Karena dana tersebut langsung dari pemerintah pusat yang  disalurkan melalui kantor pos, pihaknya tidak terlalu ikut campur.

“Kita hanya menyampaikan data jumlah masyarakat miskin saja, sementara pencairanya langsung dari pusat melalui kantor pos,” pungkasnya

Kepala  Kantor Pos Cabang Kayuagung, Jayusman Jaya, mengatakan jumlah penerima dana konpensasi BBM  di OKI  termasuk paling tinggi dibandingkan beberapa daerah lain di sumsel, bantuan tersebut  sudah bisa dicairkan dalam minggu ini, Pencairan dilakukan di 8 kantor pos cabang yang ada di OKI.

Jayusman,  merincikan, 8 kantor pos cabang tersebut yakni di Kecamatan Kayuagung, Pedamaran, Tanjung Lubuk, Tugu Mulyo, Pematang Panggang, Sirah Pulau Padang, Tulung Selapan dan Air Sugihan.

“Di OKI ada  51 ribu RTS, itu sesuai data yang masuk ke kami. Jadi daftar yang kami pegang sesuai tanda pengenal (ID) card yang sudah dibagikan,” jelas Jayusman Jaya mantan  Kepala Kantor Pos Cabang Pedamaran OKI.

Mekanisme pencairan kata Jayusman,  pencairan tidak begitu rumit dan nyaris sama dengan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) yang pernah digulirkan beberapa tahun lalu. Pencairan sebaiknya dilakukan oleh orang yang namanya tercantum di ID card yang sudah dibagikan.

Namun bila yang bersangkutan  berhalangan, pencairan bisa diwakilkan kepada orang lain dengan syarat membawa KTP yang datanya sesuai dengan ID card dan membawa Kartu Keluarga (KK) si penerima bantuan. Pencairannya  juga diatur secara bergantian perdesa atau kelurahan.

“Untuk di Kantor Pos Cabang Kayuagung hanya melayani penerima Konpensasi BBM yang berdomisili di Kayuagung saja. Untuk warga di kecamatan lainnya mencairkannya di kantor pos di kecamatannya atau kecamatan terdekat.

Salah satu warga RTS bernama M Toyib R warga Kelurahan Mangunjaya Kayuagung kemarin mengaku hingga H-3 pencairan BLT, ia belum menerima ID card yang sudah dibagikan oleh pihak kantor pos. Padahal, ia sangat berharap menerima dana tersebut untuk tambahan memenuhi kebutuhan ekonominya.

 

TEKS     : DONI AFRIANSYAH

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster