Masih Tunggu Gubernur, UMP Sumsel Dikaji Ulang

 301 total views,  2 views today

Alex Noerdin | Gubernur Sumsel

Alex Noerdin | Gubernur Sumsel

PALEMBANG – Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) harusnya menjadi patokan baru dalam penentuan Upah Minimum Provinsi (UMP). Padahal Gubernur Sumsel pun sudah mengungkapkan hal serupa, dimana akan mengkaji ulang keputusan UMP yang sebelumnya sudah ditetapkan Rp1.974.346.

Hanya saja, sampai saat ini belum ada perbincangan mengenai kaji ulang UMP yang terbaru. Saat dikonfirmasi kepada Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumsel, Dewi Irawati mengatakan, dirinya masih belum bisa memberikan informasi terkait UMP yang akan berlaku per Januari 2015 mendatang.

“Ini semua kan kebijakan Pemda setempat. Jadi kita masih menunggu dari Pemda Sumsel. Dikaji ulang pun itu kebijakan Pemda. Kita memang bagian dari Dewan Pengupahan, tapi kebijakan kembali ke Pemda setempat,” ujarnya.

Akankah rincian komponen penentu besaran UMP dihitung ulang? Dewi menuturkan, kebijakan Pemda-lah yang bisa menentukan dihitung kembali atau tidaknya usai kenaikan harga BBM.

“Harga BBM memang naik. Namun, untuk dihitung kembali komponennya, kita masih menunggu kebijakan Pemprov Sumsel. Besaran saat ini sudah semaksimal mungkin,” tutur Dewi.

Sementara itu, Alex Noerdin ditemui beberapa hari lalu menuturkan dirinya pernah berjanji akan mengkaji ulang keputusan UMP usai kenaikan BBM pekan lalu. Meski sudah dinaikkan pada 1 November lalu, kata dia, namun akan kembali dihitung dampak kenaikan harga tersebut dengan harga BBM.

“Memang akan dikaji ulang, tapi tidak bisa dalam waktu cepat. Namun semaksimal mungkin kita akan bahas bersama Dewan Pengupahan yang terdiri dari pengusaha, pekerja dan pemerintah,” ungkap Alex.

Mengenai besaran UMP yang dicetuskan sebesar Rp 2,4 juta, Alex mengaku bingung dan besaran itu dianggapnya tidak sesuai. Hal itu karena besaran seperti itu terlalu besar jika dikonversikan dengan besaran kenaikan BBM yang mencapai 36 persen.

“Belum dibahas (besaran UMP). Tapi untuk Rp 2,4 juta, sepertinya tidak. Kami akan secepatnya pastikan berapa besarannya yang sesuai,” pungkasnya.

 

TEKS     : IMAM MAHFUZ
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster