Lelang Lebak Lebung dan Sungai, Peserta Lelang Bayar Rp 500 Ribu?

 1,277 total views,  4 views today

 

Ilustrasi Lebak yang ada di Desa Sukaraja, Kec SP Padang, | Foto : Ghufron

Ilustrasi Lebak yang ada di Desa Sukaraja, Kec SP Padang, | Foto : Muhammad Ghufron

KAYUAGUNG – Lelang Lebak Lebung dan Sungai (L3S) yang dilakukukan serentak di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) diduga dijadikan ajang untuk cari keuntungan pihak panitia. Soalnya, tiap pendaftar yang mau mengikuti lelang, mereka dikenakan biaya pendaftaran yang lumayan tinggi yakni Rp 500 ribu per orang. Salah satunya terjadi di Kecamatan Sirah Pulau Padang, OKI yang jumlah peserta lelangnya mencapai 101 peserta.

“Jumlah uang yang harus dibayar ke panitia untuk menjadi peserta hingga Rp 500 ribu, itu terlalu besar, apalagi jumlah pesertanya banyak sampai ratusan. Berapa jika dikalkulasikan,” ucap salah satu Pengemin yang jadi peserta lelang, Kepada Kabar Sumatera, Senin (24/11).

 

Dia berkata, uang pendaftaran untuk bisa mengikuti lelang. Tidak ada aturan baku menengai tarif besarannya. Karena setiap kecamatan tentu tidak sama. Bahkan ada yang lebih kecil jumlahnya.

 

“Palingan uang itu digunakan untuk konsumsi, dan selebihnya untuk panitia.” ungkapnya seraya mengatakan jumlah objek lelang di kecamatan itu cukup banyak.

 

Dengan jumlah besaran uang tersebut, jika dikalkulasikan dengan jumlah peserta. Berarti dana pendaftaran uang dikumpulkan panita untuk kegiatan sehari itu bisa mencapai Rp 55,5 juta.

 

Sekda OKI, Husin, SPd mengenai hal ini telah mengimbau jangan ada pungutan yang sifatnya berlebihan kepada para peserta lelang. Apalagi yang sifatnya diminta langsung oleh pihak panitia.

 

“Itu sudah jadi tradisi, tapi kita tetap mengimbau jangan ada pungutan,” tandasnya.

 

Adapun pelaksanaan lelang L3 sendiri, tidak hanya terjadi wilayah Kecamatan SP Padang. Melainkan seluruh kecamatan di wilayah OKI yang dilaksanakan serentak Selasa (25/11) atau hari ini.

 

 

TESKS     : DONI AFRIANSYAH

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL

 

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster