Kadis Perkebunan Muara Enim : Tingkatkan Mutu Produksi Agar Harga Karet Tinggi Getah

 359 total views,  2 views today

MUARA ENIM – Murahnya harga getah karet dua tahun terakhir, disebabkan banyak faktor, baik itu faktor dalam negeri maupun luar negeri. Pasalnya jenis tanaman yang merupakan salah satu komoditi primadona dan mata pencaharian masyarakat Indonesia tersebut, sepertinya tak kunjung menunjukan tanda-tanda kenaikan harga yang lebih baik.

“Karet itu salah satu komoditi ekspor, tentu harganya dipengaruhi harga dunia. Oleh karena itu, agar harga karet tinggi harus ditingkatkan kualitas dan hasil produksi karet tersebut,” tutur Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Muaraenim, Mat Kasrun, Senin (24/11).

Sekarang ini, kata dia, nilai kualitas karet Indonesia sangat rendah. Untuk itu perlu dibenahi. Oleh karena itu, selain berupaya pembinaan dalam meningkatkan produksi karet masyarakat. Pihaknya juga melakukan pembinaan dalam hal kualitas.

Baik itu, saat produksi/penyadapan maupun dalam hal pengelolaan pembekuan. Karena masih banyak petani yang belum sadar pentingnya kualitas.

“Dalam pengelolaan pasca sadap terutama dalam proses pembekuan karet, masih banyak diantara petani yang mengunakan seperti tawas, pupuk dan jenis-jenis lainnya maupun campuran lain yang tidak diperbolehkan. Hal itu tentu berpengaruh pada kualitas,” terangnya.
Sekarang ini, lanjutnya, dianjurkan untuk pengelolaan pembekuan itu, menggunkan asam semut, diorosob dan sejenisnya yang dianjurkan.

“Adapun harga karet per November 2014 yang terpantau oleh kita dilapangan berdasarkan harga kalkulasi rata-rata. Untuk jenis getah karet harian Rp 7060 per kilo gramnya (kg). Jangka waktu penjualan per dua minggu Rp9340 per kg. Dan untuk jenis getah karet slepgiling bulanan Rp 1100 per kg. Kalau untuk harga biasanya bervariasi,tergantung kualitas tadi. Tapi kisaran harga seperti itu,”pungkasnya.

 

TEKS       : SISWANTO
EDITOR      : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster