Job Fair Sediakan 2.162 Loker

 214 total views,  2 views today

Ilst. Job Hunter | Ist

Ilst. Job Hunter | Ist

PALEMBANG – Guna mengurangi angka pengangguran di Metropolis, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Palembang buka peluang kerja bagi para pencari kerja (Pencaker). Sedikitnya 40 perusahaan yang akan bergabung dalam ajang mencari kerja atau Job Fair yang akan berlangsung, tanggal 26-27 November 2014 mendatang.

Kepala Bidang Penempatan Kerja (Penta), Disnaker Palembang, Darminto mengatakan, job fair tersebut merupakan agenda rutin tahunan Disnaker Palembang. Katanya, kegiatan tersebut biasa diadakan dua kali dalam setahun, yakni pada bulan April dan November.

“Ya, kegiatan itu merupakan salah satu upaya kami untuk mengurangi pengangguran sekaligus memberi kesempatan kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Strata Satu (S1) yang belum mendapatkan pekerjaan, lokasinya di halaman kantor Disnaker Palembang,” ungkapnya, saat dibincangi di ruang kerjanya, Senin (24/11).

Darminto menyebutkan, ada 40 perusahaan yang bergabung dalam job fair tersebut, terdiri dari 9 sektor. Di antaranya, sektor pertanian, perbankan, pengembangan jasa, dan lainnya.

“Kesempatan kerja bagi pencaker terbuka lebar. Karena, dalam job fair kali ini, ada 2.162 lowongan kerja (loker). Artinya sebanyak itu pula perusahaan yang akan menerima karyawan baru,” sebutnya.

Darminto mengaku, dalam kesempatan itu, pihaknya telah mempersiapkan tempat wawancara antara pencaker dan perusahaan. Karena, biasanya ada perusahaan yang mewawancara langsung pencaker.

“Jadi, pencaker tinggal mempersiapkan lamaran sebanyak-banyaknya. Jika beruntung, bisa langsung diwawancara perusahaan,” akunya.

Darminto menjelaskan, job fair yang diadakan Disnaker tersebut tidak dipungut biaya sepeserpun baik pencaker maupun perusahaan yang bergabung.

“Semuanya gratis dan terbuka untuk umum. Tidak ada pungutan biaya,” jelasnya.

Ia menghimbau, bagi perushaan yang nantinya sudah melakukan perekrutan dan sudah mempekerjakan pencaker. Diharapkan, segera melapor ke Disnaker untuk di data.

“Kami harap perushaan yang sudah menerima karyawan baru, segera melapor. Karena masih banyak perusahaan yang belum melaporkan karyawannya,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang warga Palembang yang belum mendapatkan pekerjaan, Agung mengatakan, ia menyambut positif, akan digelarnya job fair tersebut. Karena, sebutnya kesempatan kerja akan banyak.

“Acara seperti itu seharusnya setiap bulan diadakan, karena di Palembang masih banyak lulusan S1 maupun SMA yang belum bekerja,”kata pria lulusan S1, dari salah Universitas swatsa di Palembang ini.

Agung menambahkan, lulusan S1 di Palembang mencapai ratusan setiap bulannya. Bahkan, mencapai ribuan, sementara kesempatan kerja minim.

“Kami berharap, hal seperti itu terus digalakkan, sehingga angka pengangguran di Palembang menurun,” tukasnya.

 

TEKS      : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster