Antisipasi Munculnya Bentrok, Polres-Kondim Perkuat Kebersamaan

 301 total views,  2 views today

PAGARALAM – Guna mencegah munculnya perselisihan dan timbulnya konflik sekaligus memuwudkan stabilitas yang kondusif dilingkungan aparatur negara, terutama antara Polri dari Kepolisian Resort (Polres) Kota Pagaralam, dan Tentara Nasional Indonesi (TNI) dari Komando Distrik Militer (Kodom) 0405, melakukan apel kebersaman. Acara ini di pusatkan di Mapolresta Pagaralam dengan dihadiri 4 Koramil dan jajaran Polres setempat, kemarin (24/11).

Kapolresta Pagaralam AKBP Saut P Sinaga didampingi Perwira Penghubung (Pabung) Mayor Robirtus dan Wakapolres Kompol Eddy A Haka mengatakan, acara ini merupakan tindaklanjut intruksi Kapolda Sumsel dan Pangdam II Sriwijaya, agar TNI-Polri meningkatkan kebersamaan disemua jajaran Polres dan Kodim.

“Upaya menormalisasi hubungan TNI-Polri di jajaran Polres, Polsek, dan Kodim serta Koramil dipandang perlu dilakukan kegiatan bersama, termasuk apel gabungan di Mapolresta Pagaralam,” kata Saut.

Ia mengatakan, apel gabungan dihadiri 50 personil TNI dan 200 personil Polri disemua jajaran termasuk Polsek dan Koramil.

“Dari jajaran TNI Ada empat Koramil yang hadir yakni Koramil kota Pagaralam, Dempo Selatan, Jarai, dan Koramil Tanjung Sakti,” sebutnya seraya berkata selain apel kebersamaan, dilakukan pula acara ramah tamah antara perwira Polres dan Perwiara Kodim seperti Pabung, Danramil, dan para Kapolsek.

Saut berharap, kedepan pihaknya ingin hubungan TNI-Polri semakin terjalin dengan baik terutama dalam mendukung terciptanya Ketertiban dan Kemanan Masyarakat (Kantibmas).

“Semua tahu adanya kejadian di Pulau Batam tentunya menjadi pelajaran bersama agar kedepan tidak terulang kembali. Memang TNI dan Polri merupakan institusi yang berbeda, namun sama-sama aparatur negara,” kata Saut seraya berujar menindak lanjuti arahan Pangdam II SMriwijaya dan Kapolda Sumsel untuk menjalin keakraban dalam menyikapi bentrok antara TNI dan Polri di Riau agar tidak terjadi di wilayah Sumsel.

Ia menambahkan, kegiatan seperti ini akan dilakukan secara rutin baik di Polsek dan Koramil dan termasuk Kodim.

“Kedepan akan kita ciptakan kebersamaan melalui apel bersama di Polres yang menjadi pimpinan upacara dari Kodim atau Koramil demikian pula sebaliknya,” tutupnya.

 

TEKS        : ANTONI STEFEN
EDITOR      : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster