Listrik tak Stabil, PLN tak Profesional

 314 total views,  2 views today

Beberapa Petugas Sedang Melakukan Pengecekan Instalasi Listrik | Foto : Dok KS

Beberapa Petugas Sedang Melakukan Pengecekan Instalasi Listrik | Foto : Dok KS

PALEMBANG – Warga yang berada di Kelurahan Pakjo Palembang, tepatnya di perumahan Way Hitam Pakjo Palembang mengeluhkan pemadaman listrik yang di lakukan PT PLN. Parahnya, keadaan listrik sering mati hidup atau tidak stabil. Akibat kondisi itu, alat elektronik di rumah warga terancam rusak.

Salah seorang warga RT 01 RW 06 Way Hitam Pakjo Palembang, Toto (46) mengaku, listrik mati-hidup itu terjadi, Ahad (23/11) sejak pukul 07.00 WIB. Saat itu katanya, lampu didalam rumahnya kedap kedip beberapa kali, tidak lama listrik pun padam.

“Anehnya sekitar 3-4 menitan hidup lagi. Dan nggak lama habis mati lagi,” cetusnya.

Mulanya Toto menganggap, ada perbaikan yang di lakukan PLN di lingkungan tempat tinggalnya. Namun, semakin lama listrik hidup-mati nya semakin sering. Bahkan hingga puluhan kali. Atas kejadian yang tidak menyenangkan itu, Toto mengaku, telah menghubungi pengaduan PLN dengan nomor call center 0711-123.

Namun pihak PLN yang menerima pengaduannya justru hanya menerima laporan tersebut. Setelah itu, justru listrik bertambah parah. Bahkan semakin sering hidup-matinya.

“Kalau sebelumnya jaraknya hidup-matinya sekitar 3-4 menitan. Nah setelah saya hubungi call center justru semakin sering mati-hidupnya. Ya, kira-kira setengah menit listrik mati sudah hidup lagi, kemudian mati lagi dan hidup kali berulang,” bebernya.

Warga lainnya, Wisnu mengaku, dampak listrik mati-hidup ini bisa merusak barang elektronik. Sehingga secepat mungkin aliran listrik seperti kulkas, tv dan lainnya langsung di matikan atau dicabut colokannya. Begitu juga seluruh saklar lampu di matikan juga. Sebab jika tidak bisa memicu konslet atau kebakaran.

“Denga keadaan listrik mati-hidup ini bisa membuat meteran listrik berputar lebih cepat. Tentu ini bisa membuat pulsa listrik di rumah cepat habis atau tagihan listrik membengkak,” keluhnya.

Wisnu berharap, agar pihak PLN bersikap profesional sehingga tidak merugikan warga. Apalagi kebutuhan listrik warga merupakan hal yang vital dan sangat penting untuk melakukan banyak aktivitas.

“Dampak negatif listrik mati banyak. Terutama air dari PDAM tidak bisa mengalir. Jadi kami minta PLN tidak main-main. Kalau mau ada pemadaman, warga segera di beritahukan sehingga bisa siap-siap. Ini kan tidak jelas apa penyebabnya tiba-tiba listrik mati-hidup sampai puluhan kali,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Kabag Humas PT PLN WS2JB, Lilik Hendro Purnomo mengakatakan, pihaknya belum bisa memastikan apa penyebab listrik mati-hidup tersebut. Tapi besar kemungkinan karena gangguan jaringan atau feedernya.

“Kami akan cek. Mudah-mudahan segera membaik,”katanya singkat, saat dihubungi, Ahad (23/11).

 

TEKS   : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster