Ingin Kajari Profesional, LSM Akan Demo Kajari dan PLN Lubuklinggau ?

13 total views, 3 views today

EMPAT LAWANG – Sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) di kabupaten Empat Lawang, bakal menggelar aksi demo ke kantor kejaksaan negeri (Kajari) Tebing Tinggi dan Kantor PLN Lahat rayon Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang. Demo dijadwalkan 25 November, rencananya diikuti sekitar 200 orang perwakilan LSM dan warga Empat Lawang.

Koordinator aksi demo, Adiyaksa Herwindo menjelaskan, ada beberapa alasan kenapa harus dilakukan aksi demo. Intinya kata Windo (sapaan akrabnya, red), kekecewaan masyarakat Empat Lawang khususnya Tebing Tinggi sudah memuncak, terhadap kinerja Kajari dan pelayanan PLN Tebing Tinggi. Nah sebagai lembaga, pihaknya siap menyuarakan aspirasi dan keluhan tersebut dengan duduk satu meja atau bahkan.

Diuraikannya, untuk Kajari kekecewaan masyarakat Empat Lawang karena selama ditingkatkan status dari Kacabjari dua tahun terakhir, kinerjanya melempam. Bahkan tak satu pun terkuak kasus dugaan korupsi di Pemkab Empat Lawang. Selain itu beberapa laporan masyarakat melalui LSM yang masuk, sebagian besar belum ada tanggapan atau proses hukum.

“Kita ingin kajari profesional, sekecil apapun kerugian negara dan dugaan korupsi harus di porse,” kata Windo yang juga ketua LSM ICW Empat Lawang.

Mengenai PLN imbuhnya, buruknya pelayanan memicu kekecewaan pelanggan. Apalagi sejak belasan tahun masalah byarpet listik belum teratasi. Tuntutan kita kata Windo, menyangkut undang-undang kelistrikan, pelayanan konsumen dan peraturan pemerintah. Seyogyanya pemadaman itu ada kompensasi dari PLN, tapi sejauh ini tidak berjalan.

“Intinya, LSM dan warga Empat Lawang meminta kejelasan dari pihak PLN. Melalui demo nanti, kita sampaikan agar ada pertanggungjawaban jelas dari pihak PLN,” imbuhnya.

Terkait demo sebut Windo, LSM sudah menyampaikan surat pemberitahuan kegiatan ke Mapolres Empat Lawang beberapa hari lalu. Termasuk tembusan ke Kajari Empat Lawang dan PLN rayon Tebing Tinggi.

Sebelumnya, Kepala Kajari Tebing Tinggi Empat Lawang, Azwad Z Hakim menanggapi dingin rencana demo dari LSM dan warga. Menurut Azwad, pihaknya siap “panas telinga dan panas hati. Jika harus mendengar celoteh dan tuntutan para LSM terkait kinerja selama bertugas di bumi saling keruani sangi kerawati. Sebab, dirinya meyakini sudah melaksanakan tugas dan fungsi semaksimal mungkin, sesuai dengan ketentuan dan aturan.

“Mau demo silakan, asal sesuai ketentuan dan tidak merusak fasilitas umum. Apalagi anarkis, kami bisa memproses secara hukum kalau ada yang bertindak kasar,” jelas Azwad, dibincangi sejumlah awak media, baru baru ini.

Informasi ada rencana demo para LSM sendiri sebutnya, sudah didapat beberapa waktu lalu. Namun sejauh ini belum ada informasi lanjutan terkait rencana tersebut, bahkan ada beberapa LSM sudah berbincang dengannya dan tidak menyinggung terkait aksi demo. Namun imbuhnya, tidak ada larangan untuk demo, untuk menyuarakan tuntutan dan aspirasi masyarakat.

“Saya juga kenal dengan orang yang biasa demo, dan tidak ada alasan kami melarang. Ya kalau “panas kuping dan panas hati” itu biasa. Toh, sebelumnya waktu bertugas di Kajati saya juga sering menghadapi demo,” ungkap Azwad menambahkan, jika ada demo berarti tidak puas, kita juga perlu tahu kenapa tidak puas tersebut.

Terpisah Manajer PLN Ranyon Tebing Tinggi Wisnu Adnan melalui Supervisor Tekhnis, Rendi Kusriansyah mengakui, pihaknya sudah mendapat informasi melalui short masage service (SMS) beberapa hari lalu, terkait rencana demo LSM.

“Kalau surat atau tembusan belum tahu, tapi SMS ada terkait demo itu. Informasinya Selasa 25 November nanti,” kata Rendi.

Terkait demo imbuh Rendi, pihaknya belum ada persiapan apapun. “Pimpinan kita masih di palembang”, namun, jika memang dibutuhkan, pihaknya akan meminta bantuan pengamanan dari Polres Empat Lawang.

“InsyaAllah besok, kita hubungi polres,” tukasnya.

TEKS   : SAUKANI
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com