Hujan Deras, Arus Sungai Air Keluh Hantam Puluhan Hektar Sawah

 177 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG – Hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker), Kabupaten Empat Lawang sejak beberapa hari terakhir ini, menyebabkan Sungai Air Keruh Meluap, Minggu (23/11) sekitar pukul 01.00 WIB dini hari.

Tidak ada korban jiwa akibat banjir tersebut, namun puluhan hektar sawah berada di Desa Talang Padang, Kecamatan Paiker yang masih berumur dua bulan nyaris tak tersisa terbawa derasnya arus sungai. Selain menyapu bersih puluhan hektar lahan persawahan, dua unit pondok petani juga ikut hanyut diterjang banjir tersebut.

Akibat kejadian ini petani pun merugi hingga ratusan juta rupiah. Bahkan, puluhan hektar lahan persawahan disekitarnya, terancam mengalami hal serupa jika intensitas hujan tetap tinggi seperti beberapa hari terakhir ini. Padahal, persahawan merupakan penghasilan terbesar mayoritas warga di Kecamatan Paiker.

Samsudin (40) salah satu petani di Desa Talang Padang mengungkapkan, kemalangan karan sawah miliknya dan beberapa warga lain sudah tidak bisa diharapkan lagi. Akibat luapan sungai keruh, tanaman padi nyaris tak tersisa terbawa arus banjir. Dirinya pun menderita kerugian cukup besar, hingga puluhan juta rupiah.

“Hujan sangat deras dan berlangsung beberapa jam. Makanya, padi kami yang berumur sekitar dua bulan dan hampir mengeluarkan buah, hanyut terbawa arus sungai yang meluap,” ungkap Samsudin, kemarin.

Tidak hanya merusak puluhan hektar sawah petani, hujan deras yang terjadi juga menyebabkan berpindahnya arah aliran arus sungai. Jika tidak segera ditanggulangi, warga Desa Talang Padang pun terancam keselamatannya, karena aliran sungai sudah berpindah dan mengarah ke desa tersebut.

“Kapan saja desa kami bisa terkena banjir, jika hal seperti ini dibiarkan begitu saja. Kami sangat berharap, pemerintah segera mengambil langkah-langkah strategis, agar musibah banjir tidak meluas dan merugikan masyarakat lebih banyak lagi,” imbuhnya.

Sementara itu Camat Paiker, Irtansi saat dihubungi membenarkan adanya musibah banjir yang menerjang areal persawahan di Desa Talang Padang.

“Kejadian ini akan segera dilaporkan ke Pemkab Empat Lawang, agar mendapatkan penanganan yang cepat. Warga pun dihimbau waspada, karena musibah banjir bisa datang kapan saja,”tukasnya.

 

TEKS   : SAUKANI
EDITOR  : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster