Ayam dan Bebek Mati Mendadak, Warga Lubuklinggau Heboh

 184 total views,  2 views today

Ilustrasi Peternakan Ayam | Ist

Ilustrasi Peternakan Ayam | Ist

LUBUKLINGGAU – Puluhan hewan ternak seperti ayam dan bebek milik warga di Gang Sepakat RT 5 Kelurahan Tanjung Indah, Kecamatan Lubuklinggau Barat I mati mendadak. Kejadian itu terjadi sejak empat hari terakhir secara beruntun setiap harinya.

Yusuf (45), pemilik ternak mengaku ayam kampung dan bebek peliharaannya sudah lima ekor mati. Terdiri dari 2 ekor ayam dan 3 bebek, yang mana ayam dan bebek peliharaannya itu sehari sebelumnya masih terlihat sehat namun pada pagi harinya sudah tergeletak ditanah dengan kondisi badan membiru serta dari mulut mengeluarkan air liur.

“Tahu-tahu paginya sudah tergeletak ditanah jatuh dari pohon. Kan ayam-ayam saya ini tidak didalam kandang, tapi mereka diatas pohon. Itu empat hari berturut-turut,” kata Yusuf.

Dirinya mengaku khawatir. Sebab dia menduga kematian ayam dan bebek peliharaannya berkaitan dengan virus flu burung. Maka itu, sejumlah ayam dan bebek yang mati miliknya itu langsung dibakar.

“Tadinya ayam kampung saya ada 20 ekor, bebek ada 8 ekor. Nah sekarang mulai berkurang-kurang, jadi khawatir menular,” terangnya

Ia menduga kematian hewan ternak peliharaannya itu berhubungan dengan musim peralihan dari kemaru ke musim penghujan. Sebab kejadian ini hampir sama yang terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya, sejumlah ayam dan bebek miliknya banyak mati.

Sama halnya dikatakan tetangga sebelah rumah Yusuf yakni Bowok (21). Diungkapkannya, bebek peliharaannya dari yang 10 ekor, sudah 5 ekor yang mati secara mendadak. “Tanda-tandanya hampir sama badannya merah kebiruan, mengeluarkan air liur dari mulut ayam,” bebernya.

“Mungkin karena dari panas kena dingin, jadinya (ayam) mati mendadak dengan suhu lingkungan berubah drsatis,”kata dia.

 

TEKS      : SRI PRADES
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster