Romi Herton Mulai disidang, Palembang “Kosong” Pemimpin

 193 total views,  4 views today

Romi Herton mengusap air matanya setelah Mahkamah Kostitusi (MK) memenangkannya sebagai Wali kota Terpilih dalam Pilkada Kota Palembang pada Bulan Mei 2013 lalu. Foto : Bagus Kurniawan/KS

Romi Herton mengusap air matanya setelah Mahkamah Kostitusi (MK) memenangkannya sebagai Wali kota Terpilih dalam Pilkada Kota Palembang pada Bulan Mei 2013 lalu. Foto : Bagus Kurniawan/KS

PALEMBANG – Kasus hukum yang membelit Wali Kota Palembang non aktif, Romi Herton, sudah mulai disidangkan, Kamis (20/11). Secara otomatis jabatannya sebagai orang nomor satu di Ibu Kota Sumsel ini dicopot sementara. Artinya saat ini, Kota Palembang tidak memiliki pimpinan.

Namun, walaupun demikian, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) hingga saat ini, belum mengeluarkan surat penunjukan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota yang kosong.

Ketua DPRD Palembang, Darmawan mengatakan, walaupun Romi Herton sudah di non aktifkan. Tapi, roda Pemerintahan di Kota Palembang tetap berjalan normal seperti biasa, karena masih ada wakilnya maupun Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang.

“Ya, memang benar, hari ini (kemarin) sidang perdananya. Untuk Pemerintahan masih berjalan normal. Sekda dan Wakil kan masih ada. Artinya tidak ada istilah kekosongan, kita ikuti saja prosesnya,” ujarnya, Kamis (20/11).

Ditanya adakah dorongan dari DPRD Palembang agar Plt Wali Kota Palembang segera di keluarkan? Politisi PDI-Perjuangan ini menjawab, pihaknya belum ada rencana apakah akan mengirimkan surat ke Mendagri atau tidak, karena biasanya apabila proses sidang dimulai, secara otomatis Mendagri mengeluarkan Surat Keputusan (SK) terkait Pltnya.

“SK tersebut biasanya ditujukan ke Gubernur. Tapi sampai sekarang belum diterima,” katanya.

Darmawan menambahkan, agar tidak terjadi kemelut atas kekosongan pimpinan Kota Palembang. Dalam waktu satu sampai dua hari kedepan pihaknya segera berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk Pemrov Sumsel.

“Tapi saya jamin Pemerintahan tetap berjalan. Karena kasusnya tidak satu paket. Artinya masih ada wakilnya,” ulasnya.

Sementara itu, saat ingin mengkonfirmasi hal tersebut kepada Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo bungkam seribu bahasa. Ia hanya diam ketika media menanyakan statusnya yang segera naik menjadi Plt Wali Kota Palembang.
“No coment,” ujarnya singkat.

 

TEKS     : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster