PAD Wisata Bukit Sulap Belum Optimal

 234 total views,  2 views today

Bukit Sulap Lubuklinggau | Ist

Bukit Sulap Lubuklinggau | Ist

LUBUKLINGGAU – Tarif parkir di kawasan Wisata Alam Bukit Sulap Lubuklinggau di Jalan Bengawan Solo Kelurahan Ulak Surung Kecamatan Lubuklinggau Utara II cukup tinggi dibanding dengan tarif normal yakni Rp 3.000 untuk roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Namun ironisnya,meski daya kunjung saat ini terjadi peningkatan khususnya pada hari libur Sabtu dan Minggu, setoran para petugas parkir kerap tak terpenuhi atau meleset dari yang dipatok Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lubuklinggau.

“Iya memang masih susah untuk setoran Bukit Sulap, minta Rp 1 juta saja sulit sekali dengan para petugas parkir, uang hasil parkir habis mereka bagi-bagi sesama penjaga parkir disana, untuk kita kadang tidak ada, pokoknya sudah nagih mereka itu,”ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lubuklinggau,Yana Pardiana kepada Kabar Sumatera, kemarin (20/11).

Diterangkannya, masyarakat sekitar kawasan wisata yang dibina oleh Disbudpar sebanyak 50 orang, orang-orang inilah yang mengurusi parkir dan menarik retribusi, namun sering tak menyetor. Padahal target PAD sektor objek wisata Bukit Sulap dan Air Terjun Temam per 2014 sebesar Rp 50 juta. Realisasi sampai dengan saat ini baru mencapai 75 persen.

“Target PAD Temam sama Bukit Sulap Rp 50 juta sekarang sudah mencapai 75 persen, penyumbang terbesar Air Terjun Temam. Tapi sekarang Air Terjun Temam masih banyak seng-seng jadi agak kurang pengunjung. Penyumbang terbesar sementara Air Terjun Temam, perbulan lumayan besar kalau Bukit Sulap susah menagihnya,” tambahnya.

Diterangkanya peningkatan daya kunjung Air Terjun Temam perminggu saat ini berkisar antara 1000-1500 pengunjung, sedangkan Bukit Sulap tergantung event kalau ada event bisa ribuan pengunjung.

 

TEKS       : SRI PRADES
EDITOR     : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster