Infrastruktur Sekolah Dasar Banyak tak Layak

 178 total views,  2 views today

Ilustrasi Aktivitas Belajar Mengajar di Salah Satu Sekolah Dasar | Dok KS

Ilustrasi Aktivitas Belajar Mengajar di Salah Satu Sekolah Dasar | Dok KS

PALEMBANG – Banyaknya infrastruktur Sekolah Dasar (SD) di Palembang yang sudah tidak layak. Membuat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palembang prihatin. Karena, pendidikan tingkat SD merupakan awal untuk untuk keberhasilan generasi bangsa.

“Pendidikan SD, kita analogikan sebagai komputer kosong. Artinya, tempat mengisi program-program. Nah, kalau pendidikan SD saja sudah tidak layak, otomatis anak-anak tidak bisa maksimal menyerap pendidikan,” ungkap Ketua DPRD Palembang, Darmawan belum lama ini.

Kata Darmawan, saking parahnya infrastruktur SD di Kota yang di belah Sungai Musi ini. Bangunannya ada yang hampir roboh. Namun, tak kunjung diperbaiki.

“Hal itu akan menjadi sorotan kami kedepan. Jangan sampai ada korban, karena bangunan roboh. Kami minta, Dinas Pendidikan dapat pro aktif menyelesaikan hal itu, jangan hanya diam,” imbuhnya.

Selain itu, lahan SD di Palembang juga banyak yang bermasalah. Tentunya hal tersebut menjadi tanggungjawab Pemkot Palembang untuk menyeselsaikannya. Jangan sampai berlarut-larut.

“Lahan SD ada yang dipermasalahkan kepemilikan lahannya. Karena ada sebuah SD yang berdiri diatas lahan warga. Ada juga SD berdiri diatas lahan wakaf. Tapi, keluarga yang keluarga yang mewakafkan ingin mengambilnya. Nah masalah-masalah itu harus ditangani segera, karena akan mengganggu proses berjalannya pendidikan,” ujarnya.

Darmawan mengaku, SD yang infrastrukturnya tidak baik tersebut berada di pinggiran Sungai Musi. Pihaknya berharap, antara DPRD Palembang dan Pemkot Palembang dapat berkoordinasi dengan baik. Sehingga pembangunan dapat merata.

“Pembangunan infrastruktur SD akan ditingkatkan lagi di tahun 2015. Jangan ada lagi SD yang infrastrukturnya tidak layak,” tukasnya.

 

TEKS     : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster