Anggota Linmas Bersiap Jika Terjadi Banjir dan Longsor

 303 total views,  2 views today

PALEMBANG – Memasuki musim penghujan di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) yang biasanya rawan terjadi bencana banjir dan longsor membuat pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Sumsel memberdayakan masyarakat desa untuk menjadi anggota Linmas yang akan difungsikan untuk membantu penanggulangan bencana di daerah masing-masing.

Kasat Pol PP Sumsel melalui Kepala Bidang (Kabid) Linmas Pol PP Sumsel, Yuli Arniati mengatakan, seperti sebelumnya pada saat kegiatan Pemilihan Umum (Pemilu) yang lalu juga disiapkan di tiap Kabupaten/Kota untuk mengamankan jalannya pemilu.

“Sama halnya disaat masuknya musim penghujan pada bulan-bulannya yang rawan banjir dan longsor. Maka kami juga menyiapkan anggota Linmas agar bisa dimanfaatkan dalam membantu penanggulangan bencana di daerahnya masing-masing,” ujarnya saat diwawancarai di kantor Pol PP Sumsel, Jumat (21/11).

Untuk tiap desa di Sumsel, lanjut Yuli, akan disiagakan satu regu Linmas yang terdiri dari enam anggota linmas untuk membantu masalah penanggulangan bencana di daerah masing-masing.

“Satu regu linmas tersebut akan difasilitasi oleh masing-masing Satpol PP Kabupaten/ Kota, dan ada juga beberapa Kabupaten yang anggota linmasnya masih dibiayai badan kesatuan bangsa dan politik provinsi yakni Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), OKU Selatan, Kota Lubuklinggau dan Prabumulih,” imbuhnya.

Hal tersebut sesuai dengan petunjuk Gubernur Sumsel Alex Noerdin bahwa anggota Linmas harus diberdayakan untuk mengantisipasi bencana, karena Sumatera Selatan rawan akan permasalahan alam seperti banjir dan tanah longsor.

“Jadi bila terjadi hal tidak diinginkan anggota Limnas siap membantu, sehingga dapat mengantisipasi bila ada bencana,” terangnya.

Lanjut dia, anggota Linmas akan bekerja sama dengan instansi terkait lainnya dalam menanggulangi bencana alam. Memang, selama ini anggota Linmas membantu pengamanan Pemilu tetapi setelah itu tetap diberdayakan lagi.

 

TEKS     :IMAM MAHFUZ

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster