Sekdes PNS Bisa Pindah SKPD

 279 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG – Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA) menegaskan, pemegang jabatan Sekretaris Desa (Sekdes) yang sudah berstatus PNS, bisa saja dipindahkan dari desanya masing-masing ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) ataupun ke kantor kelurahan dan kecamatan.

Mengingat kata HBA, jabatan Sekdes merupakan jabatan karir bukan jabatan politik. Selain itu, Sekdes pun bisa diganti atau dipecat, jika tidak bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

“Sekdes yang sudah PNS, bisa meniti karirnya sebagai abdi negara. Jadi, bisa saja menjadi PNS di SKPD atau di kantor camat,” ungkap HBA, kemarin.

Akan tetapi menurut HBA, seorang Sekdes harus bisa menunjukkan prestasinya dalam bekerja, agar karirnya bisa naik dan melayani masyarakat dengan baik pula. “Kinerja yang baik, akan menghasilkan karir yang baik pula, begitu juga sebaliknya,” jelasnya.

Kedepan sebutnya, peran kades sangat besar dalam pengelolaan anggaran desa. Terutama menyangkut administrasi dan pelaporan penggunaan didalam APBD desa. Makanya, bukan tidak mungkin desa yang sekdesnya belum PNS, akan ditempatkan pegawai profesional menjabat didesa tersebut.

HBA menekankan, agar sekdes meningkatkan kualitas dan kinerjanya. Sebab, sebagian besar sekdes PNS bukan dari penerimaan murni melainkan program pengangkatan. Sementara itu, salah satu Sekdes yang berstatus PNS mengaku, siap diberi kepercayaan jika memang dipindahkan ke SKPD ataupun ke kantor camat.

“Sebagai abdi negara, tentunya siap untuk ditugaskan dimana saja. Saya siap, jika harus pindah ke kantor camat, kantor lurah bahkan ke SKPD,” ujar salah satu Sekdes di Kecamatan Tebing Tinggi yang minta namanya tidak disebutkan.

 

TEKS    : SAUKANI
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster