PNPM Bangun Komitmen, Entaskan Kemiskinan

 177 total views,  2 views today

PAGARALAM – Masalah kemiskinan tak hanya menjadi permasalahan daerah saja, tetapi juga menjadi masalah nasional bahkan global. Karena hal itu merupakan tanggungjawab bersama semua pihak, baik itu swasta, dunia usaha maupun masyarakat. Hal itu dikemukakan Sekda Kota Pagaralam Drs H Safrudin MSi, usai menutup kegiatan lokakarya review pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan Pagaralam, yang digelar sejak 19-20 November 2014.

Untuk mempertahankan dan mengembangkan kehidupan yang bermartabat, masalah kemiskinan tidak lagi dipahami sebatas ketidakmampuan ekonomi semata. Akan tetapi termasuk pula suatu kegagalan pemenuhan hak-hak dasar dan peradaban perlakuan, bagi seseorang atau sekolompok orang, dalam menjalani kehidupan yang bermartabat.

“Melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) bidang Cipta Karya 2015-2019, meliputi pemukiman yang layak huni dan berkelanjutan. Adapun targetnya yakni 100 persen akses air minum, 0 persen kawasan pemukiman kumuh dan 100 persen akses sanitasi layak, integrasi pemberdayaan masyarakat di perkotaan,” terangnya, kemarin (20/11).

Meski begitu lanjutnya, berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam untuk mengurangi angka kemiskinan. Diantaranya melalui penyedian kebutuhan pangan, layanan kesehatan dan pendidikan, perluasan kesempatan kerja, rumah layak huni, pembangunan pertanian, pemberian dana bergulir, pembangunan sarana dan prasarana. Setidaknya, upaya ini telah berhasil menurunkan jumlah penduduk miskin yang dipresentasikan oleh keluarga miskin.

“Ya, penanggulangan kemiskinan merupakan kebijakan dan program pemerintah pusat dan daerah yang dilakukan secara sistematis, terencana dan bersinergi,” katanya.

Untuk mengatasi permasalahan kemiskinan kata dia, ada beberapa hal yang dialami, seperti lemahnya koordinasi terutama dalam hal pendataan, pendanaan dan kelembagaan. Termasuk pula belum optimalnya kelembagaan di pemerintah, dunia usaha, LSM dan masyarakat, dalam hal bermitra dan bekerjasama menanggulangi kemiskinan maupun penciptaan lapangan kerja.

“Lokakarya review ini diharapkan nantinya dapat membangun komitmen yang kuat antar pemangku kepentingan. Termasuk senantiasa mewujudkan kesamaan persepsi, keselarasan gerak dan langkah, dalam merencanakan, melaksanakan serta mengendalikan program-program penanggulangan kemiskinan di Kota Pagaralam agar lebih maksimal,” jelasnya.

Koordinatior Kota PNPM Mandiri Perkotaan Pagaralam Junizar ST mengatakan, PNPM Mandiri berkelanjutan dengan Peningkatan Penghidupan Masyarakat berbasis Komunitas (PPMK). Sementara sarannya difokuskan kepada peningkatan pendapatan keluarga miskin yang tergabung dalam KSM melalui dukungan komponen program berupa pemberdayaan masyarakat.

“Melalui PPMK ini, proses pemberdayaan lebih ditujukan dalam meningkatkan keahlian dan keterampilan anggota KSM hingga menjadi kelompok usaha yang mandiri dengan dukungan LKM/BKM yang terpercaya,” singkatnya.

 

TEKS      : ANTONI STEFEN
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster