Tipikor Bidik Kabid Sanpras Disdik Empat Lawang

 204 total views,  2 views today

EMPAT LAWANG – Kepala Bidang (Kabid) Sarana dan Prasarana (Sanpras) Dinas Pendidikan Kabupaten Empat Lawang Evansyah Muda, dibidik Sat Reskrim Unit Tipikor Polres Empat Lawang. Sebab, selaku PPTK kabid Sanpras akan dimintai keterangan terkait proyek bangunan SMP Negeri 1 Talang Padang.

Diketahui, baru sebulan dibangun dua unit RKB di SMP Negeri Talang Padang nyaris ambruk. Selain karena dibangun di kemiringan tanah tidak sesuai, beberapa titik dinding bangunan cor beton menggunakan APBD Empat Lawang 2014 senilai Rp 300 juta tersebut sudah retak. Tembok penahan tanah sebagai pondasi pun sudah retak akibat tekanan bangunan.

Kapolres Empat Lawang, AKBP M Ridwan melalui Kasatreskrim, AKP Nanang Supriyatna didampingi Kanit Tipikor Ipda Tohirin menyatakan, pemanggilan Evan (nama panggilan Evansya Muda, red) dijadualkan minggu depan, statusnya masih sebatas dimintai keterangan.

Kata Nanang, pemanggilan Evan ini dikarenakan berdasarkan keterangan dari Anjar, selaku pengawas proyek tersebut. Menurut Anjar, Kabid Sanpras Disdik adalan PPTK dari proyek nilainya mencapai Rp 300 juta tersebut.

“Pengawasnya sudah dipanggil, hanya dimintai keterangan terkait proyek SMP Negeri 1 Talang Padang,” jelas Tohirin menambahkan, berdasarkan keterangan pengawas, proyek RKB di SMP Negeri 1 Talang Padang sudah melakukan pencairan tahap pertama oleh kontraktornya.

Terkait kasus ini Nanang memastikan, pihaknya akan menelusuri tuntas kronologis sehingga terjadi kerusakan. Contoh saja, apabila bangunan itu diminta pasang memakai batu, kok diganti memakai kayu. Akibatnya jadi roboh, nah ini yang akan kita lihat ada tidaknya nilai kerugian negaranya.

“Semua pihak terkait proyek ini akan dipanggil, tidak hanya pemborong, PPTK dan pengawasnya saja, kita bidik satu persatu,” tegasnya.

Sementara itu Anjar, selaku pengawas proyek saat dikonfirmasi sejumlah awak media belum mau berkata banyak. Dia memilik diam saja, usai diperiksa tim penyidik Tipikor Polres Empat Lawang, kemarin (18/11).

“Nanti saja, tanya sama bos (Kabid sanpras.red) dia PPTK nya. Ya, aku tidak ada permasalahan dari masalah ini,”cetus Anjar singkat.

Secara terpisah, Kabid Sanpras Disdik Empat Lawang, Evansyah Muda saat dikonfirmasi mengelak, dia meyakini bahwa dalam proyek unit RKB di SMP Negeri 1 Talang Padang belum ada kerugian negara. “Belum ada kerugian negara, nanti saya jelaskan,” ujar Evan dihubungi melalui phonselnya.

Untuk diketahui, baru sekitar sebulan dibangun, gedung SMP Negeri 1 Talang Padang Kabupaten Empat Lawang mengalami keretakan besar dan nyaris roboh. Nah kondisi ini tentunya mengakibatkan satu ruang kelas tidak bisa dipergunakan, karena kondisinya sangat mengkwatirkan dan apa bila dipaksakan tentu membahayakan siswa.

Bangunan dua unit RKB tersebut menggunakan dana APBD Empat Lawang 2014, dan berjumlah sekitar Rp 300 juta. Tentunya dana dikuncurkan untuk pembangunan gedung tersebut tidak lah sedikit. Namun sayangnya belum sempet dinikmati bangunan itu retak parah dan nyaris roboh.

 

TEKS      : SAUKANI
EDITOR    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster