Objek Wisata Watervang Lubuklinggau Terkendala Izin

 2,149 total views,  2 views today

Kawasan wisata bendungan Watervang Lubuklinggau | Ist

Kawasan wisata bendungan Watervang Lubuklinggau | Ist

LUBUKLINGGAU – Rencana Pemerintah Kota Lubuklinggau untuk pengembangan kawasan wisata bendungan Watervang nampaknya belum bisa direalisasikan, soalnya Izin pengelolaan lahan sekitar bendungan tak kunjung diterbitkan Kementrian Pekerjaan Umum (Kemen PU).

Dampaknya sampai saat ini kawasan Watervang tak tersentuh pembangunan oleh Pemerintah Kota Lubuklinggau.Padahal Watervang merupakan icon sejarah zaman penjajahan Belanda di Lubuklinggau.

Jangankan untuk pengembangan, fasilitas bendungan rusakpun Pemerintah Lubuklinggau tidak bisa melakukan perbaikan,karena tak boleh menganggarkan dana yang bukan asset Lubuklinggau.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lubuklinggau,Yana Pardiana saat dibincangi Kabar Sumatera, Rabu (19/11) membenarkan bahwa pengembangan objek wisata watervang terkendala izin dari Dirjen Sumber Daya Air Kementrian PU sehingga sampai saat ini masih belum dikembangkan.

Ungkapnya, Pemerintah Kota Lubuklinggau telah menyampaikan surat resmi dari Wali Kota Lubuklinggau kepada Kementrian PU mengajukan izin pengelolaan, supaya watervang bisa dikelolah oleh kota,terutama lahan yang ada disekitar kawasan wisata.

“Suratnya sudah disampaikan,tapi belum keluar izin pengelolaan lahan ke Pemkot. Kita masih menunggu izin dari kementrian. Rencananya 2015 nanti kami akan melakukan study lagi mengenai pengembangan objek watervang,” kata Yana.

“Saya pertama masuk Lubuklinggau ini tahunya dengan watervang, baru sekaranglah tahu dengan Bukit Sulap dan Air Terjun Temam, watervang itu icon Lubuklinggau, tapi mau bagaimana lagi izinya belum,”aku Yana.

Lebih lanjut ia menjelaskan rencananya jika mendapat izin kemen PU di kawasan Watervang akan membangun fasilitas umum, panggung terbuka, gerbang utama, dan resto.

 

TEKS      : SRI PRADES
EDITOR    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster