Kucurkan Dana CSR Rp 6,6 Miliar, Air Sugihan Siap di Jalur Darat

 494 total views,  2 views today

Bupati OKI meletakkan batu pertama di Jembatan Desa Rasau, Air Sugihan. | Dok KS

Bupati OKI meletakkan batu pertama di Jembatan Desa Rasau, Air Sugihan. | Dok KS

KAYUAGUNG  – PT OKI  Pulp and Paper Mills, mengucurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) sebesar Rp 6,6 miliar, untuk membangun Jembatan Sungai Rasau, jembatan tersebut selain penghubung Kecamatan Pangkalan Lampam dengan Kecamatan Air Sugihan, juga sebagai pembuka jalan darat wilayah Air Sugihan yang selama ini terisolir karena tidak bisa ditempuh melalui jalan darat.

Pembangunan jembatan tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Bupati OKI Iskandar bersama Manajemen PT OKI Pulp And Paper mills Gadang Hartawan, Rabu (19/11) di dusun Sungai Rasau, Desa Riding, Kecamatan Pangkalan Lampam.

Pabrik kertas terbesar di Asia Tenggara ini Juga membangun 11 jembatan penghubung Desa di Kecamatan Air Sugihan.

“Jembaatan Sungai Rasau ini kita bangun dengan dana Rp 6,6 miliar, menggunakan dana CSR, jembatan ini juga untuk membuka terisolirnya   Kecamatan Air Sugihan, dulu  jembatan ini awalnya sangat darurat sehingga tidak bisa dilalui, sekarang sudah kita bangun sehingga air sugihan bisa dilalui dari jalan darat,” kata Gadang.

Pembangunan jembatan tersebut menurut Gadang, akan diawasi oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM), hal tersebut untuk memastikan agar pembangunan jembatan benar-benar berkualitas.

“Kita sudah ada MoU  degan PUBM, untuk pengawasan kegiatan proyek, agar pembangunannya memenuhi standar, prediksi kita lama pembangunanya selama  6 bulan,” jelasnya.

Pihaknya optimistis kedepan PT OKI Pulp and Paper Mills, jika sudah beroperasi akan terus  eksis untuk masuk di pasar global karena didukung bahan baku yang sangat dekat.

“Pabrik kertas yang mendapat bahan baku dari luar, bisa eksis sampai puluhan tahun, apalagi OKI Pulp ini akan disuplai bahan baku dari dalam, kami yakin akan tambah eksis, Kita juga perioritaskan untuk kebutuhan masyarakat melalui CSR,” terangnya.

Bupati OKI Iskandar, dalam kesempatan tersebut menyambut baik, bantuan CSR dari PT pulp and Paper, yang telah membantu pemerintah dalam membangun infrastruktur jalan dan jembatan.

“Sekarang ini Air Sugihan sudah bisa ditempuh melalui jalan darat, kita akui Pemkab OKI sangat membutuhkan bantuan perusahaan, karena APBD OKI sangat minim untuk membangun infrastruktur,” kata Iskandar.

Menurut Iskandar, jalan darat dari Desa Riding menuju Sungai Baung Air Sugihan dapat ditempuh dengan jarak 74 kilometer.

“Dari Riding ke Dusun Rasau sepanjang  65 km, sementara  dari Rasau ke Sungai Baung, Air Sugihan 9 km, sekarang dengan adanya perusahan PT Pulp and Paper Mills Air Sugihan tidak lagi terisolir, air sugihan akan lebih maju dibandingkan Kayuagung sebagai Ibu Kota OKI,” tambahnya.

Bupati juga meminta masyarakat harus mendukung keberadaan perusahaan tersebut,  karena keberadaannya akan membantu membangun wilayah Pangkalan Lampan dan wilayah perairan Air Sugihan.

 

TEKS    : DONI AFRIANSYAH

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster