Guru di Sumsel Sudah Kelebihan

 305 total views,  4 views today

PALEMBANG – Jumlah guru di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) untuk seluruh jenjang pendidikan, dari SD, SMP, SMA dan SMK saat ini surplus. Berdasarkan data Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel, sampai 2013 di daerah ini jumlah guru sebanyak 97.749 orang dan jumlah siswa atau murid sebanyak 1.697.876 orang.

“Dengan jumlah tersebut maka perbandingan rasio antara guru dan siswa di Sumatera Selatan sekarang ini 1 guru berbanding 17 siswa. Rasio tersebut sudah di atas rasio nasional. Perbandingan rasio guru nasional adalah 1 guru berbanding 32 siswa,” kata Widodo Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, belum lama ini.

Bahkan dibanding negara maju rasio guru di Sumsel tersebut sudah melebihi. Menurut Widodo di negara maju rasio guru yang mengajar adalah 1 guru berbanding 24 siswa. “Dengan rasio 1:17 maka guru di Sumsel dapat dikatakan sudah surplus. Jumlah 97.749 orang guru tersebut mencakup guru yang sudah menjadi PNS dan guru honor,” ujarnya.

Di Sumsel saat ini berdasarkan data Dinas Pendidikan Sumsel guru tersebut dikelompokan dalam guru PNS (pegawai negeri sipil), guru PNS Depag, guru PNS PDK, guru bantu, guru honor daerah, guru tetap yayasan dan guru tidak tetap. Widodo mengakui jika ia sampaikan data bahwa guru di Sumsel surplus maka akan mendapat protes dari  stakeholder terkait.

Menurutnya, guru di Sumsel jika dilihat dari rasio ideal sudah surplus, namun permasalahannya adalah distribusi atau sebaran guru di daerah dan peningkatan mutu guru. Ada kesenjangan dalam distribusi guru di daerah kabupaten dan kota di Sumsel.

 

TEKS : AHMAD MAULANA

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster