SMAN 1 Inderalaya Juara Lomba Peneliti Ilmiah

 336 total views,  2 views today

juaraINDERALAYA – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN), 1 Inderalaya berhasil menyabet juara 1 dalam kompetisi peneliti karya ilmiah, yang diselenggarakan Dinas Pendidikan (Disdik), Ogan Ilir (OI) yang berlangsung 12-14 November 2014.

SMAN I Inderalaya menang dalam bidang Fisika dengan hasil karya ilmiah Pompa Air Tanpa Listrik (POTALI), Potali ini sendiri dibuat oleh dua siswi dari SMAN 1 Inderalaya yakni Maghfira Auliyah dari Kelas 12 IPA 1 dan Herika Yuningsi kelas 12 IPS.

Untuk juara di bidang matematika diraih oleh siswa SMAN 1 Inderalaya, Adi Fajri dan Edo Randika dengan membuat study geometris penangkap air dan udara ( APERA) dengan kegunaan sebagai alternatif penghasil air murni.

Adapun untuk juara bidang komputer diraih oleh SMAN 1 Inderalaya Utara dengan membuat desain kamus digital bahasa bahasa daerah Kabupaten Ogan Ilir.

Untuk bidang ekologi diraih oleh SMA IT Raudhatul Ulum dengan membuat extract Teh dari kulit buah naga dan bidang kategori makalah ilmiah diraih oleh SMPN 1 Inderalaya.

Kepala dinas pendidikan OI, Drs H.Sidharta melalui Bidang SM , Indra Yudistira, Rabu (17/11), mengatakan masing-masing pemenang akan mendapatkan medali emas, medali perak dan mendali perunggu serta uang pembinaan.

“Dengan adanya kompetisi seperti ini para siswa akan lebih berinovasi dan bersaing positif dalam ilmu pengetahuan, sehingga suatu saat nanti dapat mengikuti pada kejuaraan olympiade Fisika tingkat nasional,” paparnya.

Ia menambahkan, tahun depan rencana kompetisi peneliti belia tingkat SMP dan SMA/SMK akan lebih ketat lagi penilian dan akan lebih beragam lagi penemuan karya karya ilmiah dari para siswa dan siswi.

“Tahun 2014 saja hampir 67 judul yang diikutkan kompetisi, diprediksi pada tahun depan akan mencapai 100 hingga 150 judul dan penemuan karya ilmiah siswa,” pungkasnya.

 

Teks   : Junaedi Abdillah

EDITOR  : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster