Dampak Kenaikan BBM, Ongkos Angdes di Muara Enim Langsung Naik

 351 total views,  2 views today

MUARA ENIM – Beberapa saat pasca pengumuman kenaikan harga BBM di umumkan oleh Presiden Joko Widodo, Pagi harinya tarif Angukatan Desa (Angdes) langsung menyesuaikan diri. Kenaikan itu terpantau pada trayek Angdes jurusan Semende – Muaraenim di terminal depan stasiun Kereta Api Muaraenim, kemarin (18/11).

Imin (45), salah seorang sopir Andes jurusan Semende Muaraenim mengakui, pihaknya secara otomatis langsung menaikan ongkos dari Rp 25.000 menjadi Rp 35.000 per penumpang. Hal itu dilakukan pihaknya guna menutup biaya operasional kendaraan.

“Pagi tadi kita sudah naikan ongkos” ucap Imin saat dibincangi.

Dikatakan Imin, jika pihaknya tidak menaikan secara otamatis ongkos penumpang pasca diumumkan kenaikan BBM (17/11), tentu akan merugi, karena mulai pagi pihaknya mengisi BBM jenis solar kendaraannya untuk mengantar penumpang dari Semende ke Muaraenim, harga sudah naik dari Rp 5.500 menjadi Rp 7.500 per liternya.

“Biasa kita ngisi bahan bakar solar sebelum berangkat Rp 120.000, itu sudah fuul tank, tapi semenjak naik jadi Rp180.000. Jadi terpaksa kita naikan secara otomatis, kalau tidak rugi,” terangnya.

Ditanya, apakah ada penumpangnya yang kaget terkait ongkos yang pihaknya naikan secara otomatis? menurutnya, hal itu sudah dipahami para penumpang.

“Penumpang kan sudah tau sendiri harga minyak sudah naik. Jadi tidak ada yang kaget,”urainya.

Adapun mengenai penetapan besaran ongkos dari pihak perhubungan Kabupaten Muaraenim, trayek Semende Muaraenim, diakui Imin, sejauh ini belum ada.

“Kan baru semalam pengumumannya, jadi belum ada penetapan besaran ongkos dari pihak perhubungan” tambahnya.

Hanya saja kata Imin, pihak dari perhubungan sudah mengecek berapa besaran ongkos yang pihaknya tarik dari penumpang. “Tadi barusan ada dari pihak perhubungan nanya kita berapa ongkos penumpang sekarang,” jelasnya.

TEKS   : SISWANTO
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster