Air Kayu Gelam Mampu Sembuhkan Penyakit

 5,793 total views,  26 views today

Kayu Gelam | Ist

Kayu Gelam | Ist

INDERALAYA – Umumnya penderita berbagai gangguan penyakit sering mencari obat penawar dari zat kimia berbahan non herbal sebut saja obat – obatan produksi pabrik yang bisa didapat secara mudah.

Namun siapa sangka, bagi sebagian penderita ganguan penyakit ringan pemakaian obat sederhana bisa digunakan sebagai solusi meminimalir berbagai penyakit.

Contohnya dengan meminum air kayu gelam. Pohon gelam ini dipercaya dapat meminimalisir ganguan penyakit ringan seperti deman, pilek dan berbagai penyakit tidak berbahaya lainnya.

Di Kelurahan Tanjung Batu, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir (OI), tepatnya bagi warga yang mendiami daerah bantaran hutan Pangkalan Samak, air gelam kerap diburu sebagai obat penurun panas dan pelancar peredaran darah.

Badan yang lesu akibat penyakit yang datang kini bisa normal kembali setelah meminum air dalam bentuk kemasan biasa.

Arsyad Akbar, warga Kelurahan Tanjung Batu menuturkan, biasanya dalam satu minggu ada beberapa pasien yang minta disadapkan air tersebut untuk dijadikan penawar penyakit.

“Akan tetapi khasiat air ini terasa mujarab apabila disadap sewaktu pasien memintanya baru setelah itu mereka minum, alhasil banyak pasien yang merasakan manfaat air sadapan ini,” katanya, kemarin.

Lanjutnya, untuk takaran isi kurang dari satu liter biasanya dipatok harga Rp 5.000 untuk uang lelah.

“Ya, walaupun pohon gelam ini banyak terdapat di sini (Hutan Pangkalan Samak) akan tetapi untuk menyadapnya dibutuhkan keterampilan khusus. Sebab kalau sembarangan air tersebut bisa menyatu dengan unsur lainnya seperti kayu dan tanah. Kalau sudah begitu khasiatnya dirasa kurang manjur. Tapi walau demikian kita tetap berserah dengan yang maha kuasa selain usaha yang kita lakukan,” pungkasnya.

 

Teks  : Junaedi Abdillah/Noviandi

EDITOR : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster