Proyek Jalan Rp 50 Miliar Terancam Putus Kontrak

 245 total views,  2 views today

PAGARALAM – Proses penyelesaian pembanguan dua jalan melalui bantuan gubernur Sumsel tahun 2014 senilai Rp50 miliar terancam molor. Proyek ini tak bisa diselesaikan atau putus kontrak, karena waktu tinggal dua bulan lagi dan masih ada beberapa persoalan di lapangan. Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Ir Sunarto melalui Plt Kabid Bina Marga (BM) Yudianto, Senin (17/11).

Kata Yudi, dua jalan masih dalam proses pengerjaan yang dikhawatirkan tidak akan selesai tepat waktu yakni jalan penghubung Dusun Tebat Gunung, Kelurahan Bandar-lapangan terbang Atung Bungsu Kecamatan Dempo Selatan sepanjang 8,5 kilometer dan jalan Lingkar Barat Kota menghubungkan Dusun Perandonan-Simpang Mana sepanjang 4,6 kilometer.

“Waktu pelaksanaan memang sudah cukup mempet, sementara pengerjaan masih lumayan banyak dan cukup berpengaruh pada penyelesaian pembangunan kedua ruas jalan dimaksud,” ujarnya.

Tutur Yudi, sebetulnya ada kendala teknis di lapangan yang menjadi penghabat utama penyelesaian membagun jalan, yakni terkait pembebasan lahan.

“Jalan penghubung Lapter saja, ada dua titik yang belum bisa di bebaskan, mengingat harga permintaan pemilik lahan diatas ketentuan atau perhitungan yang telah diatur dalam ketentuan pemerintah,” terangnya.

Meski begitu lanjutnya, program ini tetap akan berjalan sembari menunggu proses pembebasan lahan jalan keseluruhan bisa selesai.

“Bila jumlah yang diminta pemilik lahan di atas ratusan juta, ke mana kami mau mencari dananya. Sedangkan dana yang dianggarkan untuk pembebasan cukup terbatas,” jelasnya.

Ia berujara, untuk penyelesaian pembangunan beberapa ruas jalan utama di Kota Pagaralam tentunya sangat diharapkan dari bantuan pemerintah Provinsi Sumsel dan pusat.

“Pada 2015 nanti, selain kita sudah menganggarkan senilai Rp.40 miliar untuk bidang bina marga, ada pula bantuan pusat senilai Rp.10 M untuk lingkar barat,” sambungnya seraya berkata kalau dirincikan pajang jalan yang berada di kota Pagaralam, meliputi jalan kota sepanjang 530 km, jalan provinsin 50 km.

 

TEKS    : ANTONI STEFEN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster