Panwaslu Muratara dan Pali Tertunda

 314 total views,  2 views today

PALEMBANG – Terkait adanya Pilkada yang akan terjadi ditujuh Kabupaten Kota di Sumsel pada tahun 2015 mendatang, Dari tujuh Kabupaten tersebut, lima Kabupaten pertama dipastikan akan melakukan rekrutmen terhadap anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) akhir tahun ini. Sementara dua Kabupaten pemekaran pembentukan Panwaslu masih terbentur aturan yakni Musi Rawas Utara (Muratara) dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Pimpinan Bawaslu Sumsel Bidang Kurniawan berkata pembentukan Panwaslu suatu Kabupaten/kota harus ada aturan yang jelas serta pembentukan tersebut wajib memenuhi syarat, seperti sudah adanya terbentuk Polres dan kejaksaan ditempat tersebut.

“Karena itu pendaftaran Panwaslu untuk dua Kabupaten pemekaran, yakni Daerah Otonom Baru (DOB) Muratara dan PALI kita tunda dulu. Sebab di dua kabupaten ini belum ada aturan yang jelas serta DPRD nya yang memang belum terbentuk,” terangnya.

Dengan demikian, Bawaslu Sumsel hanya membuka penerimaan pendaftaran anggota Panwaslu terhadap lima Kabupaten saja. Rencananya, pendaftaran dibuka 25 November hingga 3 Desember 2014. Sementara perpanjangan pendaftaran dilanjutkan pada 4-8 Desember 2014.

Panitia akan melakukan tes tertulis, wawancara, kemudian uji kelayakan dan kepatutan calon terpilih serta adanya tanggapan masyarakat terhadap calon anggota.

Adapun kelima Kabupaten Kota di Sumsel yang telah siap melakukan Pilkada dengan terlebih dahulu mencari Panwaslu yakni Ketujuh Kabupaten antara lain, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, OKU Timur, Ogan Ilir (OI) dan Musi Rawas (Mura).

 

 

TEKS      : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster