Mahasiswa Lubuklinggau Demo Tolak Kenaikan BBM

 448 total views,  2 views today

Puluhan mahasiswa berdemo menolak rencana  kenaikan harga BBM. Massa juga memaksa para legislator tandatangan penolakan kenaikan BBM. | Foto : Sri Pradez

Puluhan mahasiswa berdemo menolak rencana kenaikan harga BBM. Massa juga memaksa para legislator tandatangan penolakan kenaikan BBM. | Foto : Sri Prades

LUBUKLINGGAU – Puluhan mahasiswa Kota Lubuklinggau, Senin (17/11) demo menolak rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak di gedung DPRD Lubuklinggau di Jalan Yos Sudarso Kelurahan Majapahit Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Mereka memaksa para anggota DPRD Musi Rawas dan Lubuklinggau,bertandatangan diatas kertas menyakan menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak. Musi Rawas 11 anggota dewan menandatangani penolakan diantaranya Cahaya Muda (PAN), Hasran Akwa (Golkar), Taufik Anwar (Gerindra), Wahyu (PAN), dan Firdaus (Golkar),,sedangkan Lubuklinggau hanya tujuh anggota dewan, seperti Suyitno (PDI-P),Raden Syalendra (PKB),Suhada (PKS), Zulfikar (Nasdem),M Syeh (Demokrat),Merizal (Demokrat) dan Murdianto (Gerindra).

Massa yang menggunakan almamater biru berjalan kaki menuju halaman gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mura untuk berorasi sekaligus menyampaikan tuntutan. Lalu melanjutkan orasinya di halaman gedung DPRD Lubuklinggau yang jaraknya sekitar 1 kilo meter.

Dalam orasinya,Koordinator Lapangan (Korlap) yang juga Presiden BEM STKIP PGRI Lubuklinggau, Ary Satria mengatakan bahwa rencana pemerintah menaikan harga BBM sangat memberatkan rakyat kecil dan mencekik leher rakyat,karena berdampak terhadap harga-harga kebutuhan pokok. Salah satunya harga cabai saat inipun telah naik disejumlah pasar.

Karena itu,massa meminta DPRD menyampaikan tuntutan dan aspirasi mereka kepada legislativ dan eksekutif di Jakarta agar didengar oleh Pusat. Karena mereka yakin DPRD selaku penyambung lidah dan perpanjangan tangan rakyat.

“Belum dinaikan saja, harga sembako sudah naik sekarang. Jutaan masyarakat Indonesia masih dibawah garis kemiskinan saat ini,jadi kenaikan harga BBM bukan solusi yang tepat,” lanjut Ari

Adapun tuntutan massa ini adalah menolak rencana pemerintah menaikan harga BBM bersubsidi. Karena berdampak pada harga kebutuhan pokok naik drastis 30-100 persen. Lalu mendesak pemerintah agar benar-benar mengimplementasikan UUD 1945 pasal 33 ayat 3.

Massa juga mendesak DPRD Lubuklinggau dan DPRD Kabupaten Mura berkoordinasi dengan pemerintah serta kepolisian untuk memperketat pengawasan di SPBU agar tidak terjadi penimbunan BBM yang menyebabkan kelangkaan BBM.

Mereka juga meminta DPRD Lubuklinggau dan DPRD Kabupaten Mura agar mengefektifkan Peraturan Menteri ESDM No 1 tahun 2013 tentang pengendalian penggunaan BBM. Dan melarang mobil dinas PNS, BUMN/BUMD serta TNI/Polri menggunakan BBM subsidi berupa premium dan solar supaya BBM bersubsidi tepat sasaran.

Sementara itu, Politisi PDI Perjuangan yang juga Wakil ketua II DPRD Lubuklinggau,Suyitno kepada wartawan menegaskan secara pribadi menolak kebijakan Presiden Jokowi JK menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Kalau secara kelembagaan kita belum menentukan sikap, karena sampai sekarang PDI-P belum mengambil sikap atas rencana kenaikan BBM, tapi kalau secara pribadi saya menolak keras,”tegas ketua DPC PDI-Perjuangan tersebut.

Menurut Suyitno, jika pemerintahan Jokowi-JK menaikan harga BBM,maka yang akan menerima dampak pertama adalah kesejahteraan rakyat,karena secara otomatis kenaikan BBM akan membuat harga sembilan bahan pokok akan ikut naik.

Berbeda dengan sekjen DPC PDI-Perjuangan Lubuklinggau, Yusri Daud. Yusri menyatakan sebagai partai pemerintahan pro Jokowi -JK,ia setuju dengan rencana kenaikan BBM tersebut.

“Kalau saya setuju, karena langkah yang diambil pemerintah tentu itulah yang terbaik untuk bangsa ini,apalagi PDI-P partai pemerintahan sekarang,” pungkasnya.

 

TEKS        : SRI PRADES
EDITOR      :  RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster