Mahasiswa dan Pelajar “Diajari” Menembak

 345 total views,  2 views today

INDERALAYA – Sebanyak 95 orang terdiri dari 40 mahasiswa Uniski Kayuagung dan 55 siswa SMA di Kabupaten Ogan Ilir (OI) diberikan pelantikan cara menembak, oleh Kodim 0402/OKI-OI.

Kegiatan ini  bagian dari penyelenggaraan Pelatihan Kader Bela Negara bagi Mahasiswa Uniski Kayuagung dan Siswa SMU dari Kabupaten OI yang berlangsung selama 3 hari 2 malam bertempat di Raipur C Yonarmed 15-76/Tarik Kecamatan  Rantau Alai Kabupaten OI, kemarin.

Dandim 0402/OKI-OI Letkol Inf M. Arif Suryandaru melalui Kasdim Mayor Inf Mujari mengatakan, pelatihan Kader Bela Negara Kodim 0402/OKI tahun 2014 ini dimulai dari 16-18 Nov 2014 diikuti sebanyak 95 orang. “Untuk mahasiswa sebanyak 40 orang, sedangkan siswa SMA sebanyak 55 orang,” ungkap Mujari.

Adapun peserta dari SMA yang mengikuti kegiatan tersebut, yakni  SMAN 1 Tanjung batu 15 orang, SMKN 1 Inderalaya Selatan 10 orang , SMAN 1 Inderalaya Utara 1 orang siswa, SMA Nurul Yaqin Tanjung Batu 5 orang siswa, SMK Az-Zawiyah Tanjung Batu 10 orang siswa, SMA JI Tanjung Pinang 9 siswa, MA Miftahus Salam 1 orang dan 4 orang Alumni SMAN 1 Tanjung Batu.

Materi yang disampaikan, lanjut Mujari,  yakni  Proxy War, materi kampus, pengetahuan tentang TNI AD dan Pembinaan Teritorial, Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan serta Kepemimpinan dan diberikan juga materi keterampilan menembak, Peraturan Baris Berbaris, Diskusi lapangan dan kegiatan Api Unggun.

Dikatakan Mujari  tujuan kegiatan ini untuk membangun karakter kebangsaan yang tercermin dalam militansi yang tinggi, Nasionalisme serta semangat rela berkorban. “Terciptanya Kemanunggalan TNI dgn Rakyat di wilayah Kodim0402/OKI dan terjalinya kemitraan antara TNI dengan Mahasiswa, Siswa dan komponen bangsa lainnya,” tuturnya seraya mengatakan, peserta pelatihan diberikan Sertifikat dari Kasad dan ID Card Kader Bela Negara.

Saleh Presiden Mahasiswa Uniski mengatakan menyambut baik program Pelatihan Kader Bela Negara yang dilaksanakan oleh Kodim 0402/OKI ini karena sebagai generasi penerus bangsa dan penerus kepemimpinan nasional sangat membutuhkan pelatihan-pelatihan seperti ini dan tidak semua Mahasiswa memiliki kesempatan untuk melakukan atau merasakan menembak apalagi mengunakan senjata serbu standar TNI AD.

“Kami mengucapkan terima kasih dan berharap kegiatan pelatihan Kader Bela Negara ini dapat berlanjut sebagai bekal bagi kami kedepan,” pintanya.

 

TEKS    : JUNAEDI ABDILLAH

EDITOR   : IMRON SUPRIYADI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster