Empat Pimpinan DPRD Sumsel Diumumkan

 320 total views,  2 views today

Pelantikan 75 Anggota DPRD Sumsel Periode 2014-2019 | Dok KS

Pelantikan 75 Anggota DPRD Sumsel Periode 2014-2019 | Dok KS

PALEMBANG – Setelah sempat terlambat karena masih menunggu SK pimpinan dari Partai pemenang PDIP kini usah empat partai pemenang pemilihan legislatif menyerahkan surat keputusan (SK) calon Pimpinan DPRD Sumsel kepada seketariat DPRD Sumsel, kemarin keempat nama-nama pimpinan tersebut ditetapkan dan diumumkan dalam sidang paripurna DPRD Sumsel Jalan Kapten Arivai Palembang. Penetapan pimpinan DPRD ini adalah sebagai pelaksana ketentuan pasal 327 Undang-Undang nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD. Dimana pada ayat 1 menyebutkan pimpinan DPRD Provinsi terdiri dari satu orang Ketua dan tiga orang Wakil ketua DPRD.(17/11).

Diungkapkan Sekretaris DPRD Sumsel, Ramadhan S Basyeban dalam rapat paripurna membacakan SK dari ke empat Partai pemenang pemilihan legislatif yang berhak atas kursi Pimpinan DPRD Sumsel. Ke empat Pimpinan DPRD Sumsel itu yakni dari Partai PDIP, Demokrat, Golkar dan Gerindra.

“HM Giri Ramanda N Kiemas yang ditetapkan sebagai Ketua DPRD Sumsel berdasarkan surat DPD-PDI perjuangan Prov Sumsel nomor 689/EX/DPD-17-A/XI/2014 tanggal 10 November Perihal penyampaian calon pimpinan DPRD Sumsel dari PDIP periode 2014-2019,” ucap dia.

Berikutnya, masih kata Ramadhan atas nama Chairul S Matdia ditetapkan sebagai Wakil Ketua DPRD Sumsel berdasarkan surat DPD Partai Demokrat Sumsel nomor 0055/A.2./PD/DPD-SS/XI/2014 tanggal 14 November perihal penetapan calon tetap Wakil Pimpinan DPRD Sumsel. Kemudian Wakil Ketua DPRD Sumsel dari Partai Golkar yakni Yansuri berdasarkan surat DPD Partai Golkar Sumsel nomor B-162/Golkar-Sumsel/IX/2014 tanggal 29 September perihal calon pimpinan DPRD Sumsel dari Golkar.

“Sementara dari Partai Gerindra menetapkan Nopran Marjani sebagai Wakil Ketua DPRD Sumsel berdasarkan surat DPD partai Gerindra prov Sumsel nomor SS/11-092/B/DPD-Gerindra/2014 tanggal 14 November 2014 tentang Pimpinan DPRD Sumsel,” terang Ramdhan.

Usai penetapan Pimpinan DPRD Sumsel, SK disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Sumsel, setelah SK dari Mendagri keluar akan segera dilakukan Pelantikan Pimpinan Defenitif.

Di tempat yang sama, HM Giri Ramanda N Kiemas yang diplot sebagai Ketua DPRD Sumsel atas SK DPP PDIP yang sebelumnya sempat menjadi teka teki karena bersaing dengan rekannya MA Gantada yang akhirnya saat ini diplot sebagai Ketua Fraksi PDIP DPRD Sumsel , usia rapat paripurna mengatakan menyusul telah ditetapkannya ke empat Pimpinan DPRD Sumsel, dalam waktu dekat akan segera dilakukan pelantikan Pimpinan DPRD Sumsel secra Defenitif.

“Setelah penetapan Pimpinan ini, dalam waktu dekat akan dilakukan pelantikan Pimpinan defenitif,” ujar keponakan Alm suami Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri ini.

Masih kata Giri, setelah ditetapkan dirinya sebagai Ketua DPRD Sumsel, dirinya bertekad akan lebih mengoptimalkan tiga fungsi lembaga DPRD Sumsel yakni fungsi anggaran, pengawasan dan legislasi. Bahkan dia mengharapkan setelah terbentuk Pimpinan Defenitif akan segera menyusul dibentuk alat kelengkapan dewan (AKD) dengan membentuk komisi-komisi di DPRD Sumsel.

“Kami akan mengawasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang dibuat Gubrnur Sumsel dari tahun ketahun agar lebih baik dan maksimal lagi,” pungkas dia.

 

TEKS    : ARDHY FITRIANSYAH

EDITOR  : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster