Nikmatnya Ikan Salai Tanjung Batu

 497 total views,  2 views today

Ikan Salai Khas Tanjung Batu | Foto : Joen KS

Ikan Salai Khas Tanjung Batu | Foto : Joen KS

INDERALAYA – Citarasa dan aroma khas ikan asap atau ikan salai dari Kelurahan Tanjung Batu Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir (OI), tiada duanya.

Ternyata resepnya bukan racikan bumbu namun pada proses pengasapan yang menggunakan panas bara kayu yang sederhana. Tidak salah, makanan tradisional bagi sebagian warga lokal ternyata masih mempunyai tempat tersendiri. Kuliner lokal yang satu ini sangat menggugah selera bila dilihat dari bentuknya saja.

Produksi lokal ikan salai salah satunya ditekuni, Dahlia (41), warga Kelurahan Tanjung Batu. Usaha yang ditekuninya sejak beberapa tahun lalu kini sudah berkembang menjadi sebuah industri rumah tangga yang perlahan sudah mengalami kemajuan.

“Iya, ikan salai ini memiliki cita rasa yang berbeda. Gurih, lezat dan layak dijadikan pelengkap lauk pauk,” ungkapnya, kemarin.

Diakuinya, menu ikan sebagai pelengkap lauk pauk saat ini menjadi pilihan utama di saat bersantap, seperti halnya di rumah makan.

“Walau dari segi pengolahannya agak rumit tetapi cita rasanya cukup sederhan alias gurih di lidah. Ikan yang sudah disalai tidak boleh terlalu lama disimpan karena rasa daging gosong tersebut dapat mengundang bakteri,” jelasnya

Masih dikatakan ibu tiga anak itu, dulu pasokan ikan salai biasanya cuma dijadikan menu santap keluarga saja, namun kini sudah mulai mengelola untuk kebutuhan para pelanggan.

 

Teks    : Junaedi Abdillah/Noviandi

EDITOR   : SARONO P SASMITO





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster