Kepala BPBPK : Harus Ada Apar di Kapal Penumpang

 353 total views,  2 views today

Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Ilustrasi Alat Pemadam Api Ringan (APAR) | Ist

PALEMBANG – Kesadaran pemilik kapal yang biasa melintasi perairan Sungai Musi nampaknya sangatlah minim. Hal tersebut di lihat, baru sebagian kapal yang menyediakan alat pemadam api ringan (Apar). Padahal ketersedian Apar di kapal wajib.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Palembang, Edison mengatakan, ketersediaan Apar bertujuan untuk meminimalisir penyebaran api saat terjadi kebakaran di atas kapal.

“Adapun salah satu kelayakan sebuah kapal beroperasi. Yah harus memiliki Apar,”ungkapnya, saat di hubungi, Minggu (16/11).

Sebutnya, berdasarkan hasil pemeriksaan BPBPK Palembang, jumlah kapal yang memiliki Apar baru sebagian, sisanya belum memiliki Apar.

“Hanya sebagian, itu juga kapal penggangkut penumpang, untuk kapal barang, kapal kayu, kapal kecil lainnya, rata-rata belum miliki Apar,” katanya.

Ujar Edison, kewajiban kapal memiliki Apar di atur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Palembang Nomor 31 tahun 2009 tentang pembinaan bahaya kebakaran. Sebutnya, kapal yang tidak memiliki Apar telah disarankan agar segera melengkapi Apar di Kapalnya.

“Dalam menyarankan hal itu, kami sifatnya persuasif, artinya pembinaan. Tapi, apabila masih tidak dilengkapi juga. Bisa saja, izinnya di cabut,” tegasnya.

Di tanya apakah semua jenis kapal wajib memiliki Apar, termasuk ketek ? Edison menjawab, Apar merupakan alat keselamatan yang paling penting, bukan hanya bagi penumpang, tetapi juga bagi awak kapal.

“Semua angkutan air wajib memiliki Apar. Termasuk ketek, tapi nyatanya tidak ada satupun ketek yang sediakan Apar,” ujarnya.

Edison menambahkan, pihaknya selalu rutin melakukan pemeriksaan ketersedian Apar, sehingga secara bertahap semua kapal bisa seluruhnya memiliki Apar.

“Selain memeriksa Apar, kami juga mengecek apakah Apar di dalam sebuah kapal berfungsi dengan baik atau tidak,” tukasnya.

 

TEKS       : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR      : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster