Hujan Sebentar Air Menggenang, Palembang Langganan Banjir

 241 total views,  2 views today

Genangan Banjir | Bagus Park

Ilustrasi Genangan Banjir | Foto : Bagus Park

PALEMBANG – Genangan air atau banjir sudah jadi langganan kota Metropolis setiap musim hujan. Walaupun hujan hanya dalam rentang waktu yang singkat, beberapa titik sudah digenangi air. Misalnya, di samping pembangunan fly over simpang empat Jakabaring.

Berdasarkan pantauan Kabar Sumatera, Sabtu (15/11) malam, sejumlah kendaraan dari arah Seberang Ulu (SU) I menuju Jemabatan Ampera, terlihat padat merayap melintasi jalan, karena jalan di genangi air. Serupa juga terjadi di Jalan Alamsyah Ratu Prawiranegara, tepatnya di jalan Hulubalang II, kawasan pemukiman tersebut setiap kali hujan pasti digenangi air.

“Di sini hujan 30 menit saja sudah banjir. Hal itu dikarenakan saluran air atau drainase tidak berjalan baik,” kata Ayu (29), warga sekitar.

Ucap Ayu, selain drainase tidak berjalan dengan baik, di kawasan tersebut juga banyak di bangun rumah toko (ruko). Ia berharap, Pemerintah dapat lebih ketat mengeluarkan izin pembangunan di Kota Palembang.

“Karena banyak rawa yang ditimbun. Oleh itulah terjadinya banjir. Intinya pengawasan harus diperketat, sehingga dalam membangun tidak sembarangan,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pengelolaan Sumber Daya Air (PUBM dan PSDA) Palembang, Dharma Budi mengatakan, menghadapi musim penghujan, pihaknya mensiagakan satuan tugas (satgas) di setiap pompa air yang tersebar di 7 titik.

“Pompa air kita disebar di 7 titik, jadi satgas bertugas selama 24 jam, untuk mengoperasionalkan pompa air saat hujan berlangsung,” katanya.

Budi menyebutkan, pompa air tersebut diantaranya di tempatkan di Jalan Jenderal Sudirman, Kapten A Rivai, Veteran, 26 Ilir, Basuki Rahmat, dan lainnya. Menurutnya, idealnya Kota Palembang memiliki sekitar 15 pompa air.

“Tapi, secara bertahap akan ditambah, tahun 2014 ini sudah ditambah dua,” bebernya.

Kata Budi, selain siagakan pompa air. Pihaknya juga telah melakukan pengerukan dan perbaikan drainase di kawasan Jalan Veteran, Kolenol Atmo dan drainase yang berada di Lapangan Hatta dengan total panjang 1.700 meter.

“Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadi banjir. Walapun tidak secera keseluruhan, tapi bertahap genangan air akan berkurang dengan perbaikan-perbaikan yang kami lakukan,” tukasnya.

 

TEKS         : ALAM TRIE MARSATA
EDITOR      : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster