Drop Out, Uang Beasiswa Wajib Dikembalikan

 168 total views,  6 views today

Ilustrasi | ISt

Ilustrasi | ISt

PALEMBANG – Meski program kuliah gratis di Sumatera Selatan (Sumsel), akan dilakukan pada 2015, namun bagi peserta beasiswa tak bisa semaunya. Sebab ancaman juga akan siap menghadang. Betapa tidak, disebut Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Widodo, belum lama ini mengatakan, apabila dalam waktu empat tahun, mahasiswa yang bersangkutan terkena drop out, maka dia harus mengembalikan dana yang telah diberikan.

Jika kemudian mahasiswa drop out harus mengembalikan uang, disebabkan dalam program ini Pemeirntah Provinsi (pemprov) Sumsel harus mengeluarkan anggaran sebesar Rp.50 miliar. “Untuk program kuliah gratis, ada alokasi dana melalui APBD sebesar Rp 50 miliar pada setiap tahun anggaran. Jumlah penerimanya belum bisa dipastikan saat ini,” ujar Widodo.

Untuk pelaksanaan kuliah gratis akan diberlakukan dengan mengkaji kebutuhan sumber daya manusia yang dibutuhkan Pemprov Sumsel. Misalkan yang dibutuhkan dari jurusan teknik, maka mahasiswa jurusan tersebut akan mendapatkannya.

Setelah menentukan jurusan dan universitas yang akan memberlakukan program kuliah gratis, menurut Widodo, Dinas Pendidikan Sumsel memberlakukan ketentuan, bagi mahasiswa penerima harus bisa menyelesaikan kuliah dalam waktu delapan semester atau empat tahun.

Widodo mengatakan, program kuliah gratis yang akan diterapkan di Sumsel. “Direncanakan Juni 2015 program ini sudah bisa berjalan. Sekarang kita tengah menanti peraturan daerah atau perda yang akan dibahas DPRD,” ujarnya.

 

TEKS    : AHMAD MAULANA

EDITOR   : IMRON SUPRIYADI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster