Pelayanan PDAM Terganggu, Harnojoyo Salahkan PLN

 358 total views,  2 views today

PALEMBANG – Sering terganggunya pelayanan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi beberapa pekan terakhir, murni disebabkan oleh PT PLN. Hal itu ditegaskan oleh Wakil Wali Kota Palembang, Harnojoyo dihadapan warga saat safari Jumat, di Masjid Nurul Hidayah, Kelurahan Srijaya, Kecamatan Alang-alang Lebar (AAL), Jumat (14/11).

Harnojoyo mengatakan, pelayanan air bersih pada pelanggan, sangat bergantung kepada listrik. Jadi, apabila PLN mati, maka pelayanan PDAM akan terhambat. “Perlu masyarakat ketahui, PDAM berkaitan erat dengan PLN. Jika, PLN mati maka secara otomatis pelayanan PDAM ikut tergannggu,” katanya.

Sambung Harnojoyo, saat ini PDAM Tirta Musi telah memproduksi 3.400 liter air per detik. Menurutnya, sekarang akan dikembangkan lagi menjadi 4.800 liter air per detik. Sehingga pasokan air bersih ke masyarakat tidak terganggu. “Kami tengah upayakan peningkatan sekitar 1.400 per detik. Mudah-mudahan dalam waktu dekat, segera terealisasi hal tersebut,” harapnya.

Ditanya mengapa Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang tidak menyiapkan genset untuk operasional cadangan bagi PDAM, Harnojoyo menjawab, dana yang harus dikeluarkan cukup besar, karena kebutuhan listrik di PDAM sangat besar.

“PDAM ini sedikitnya membutuhkan aliran listrik sebesar 15 Mega Watt (MW), sementara pengalaman untuk membangun pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) Sematang Borang dengan kapasitas 7 x 2 MW saja investasinya sudah lebih dari Rp 200 miliar. Jika itu harus dilakukan, berapa besar dana yang harus dikeluarkan, pastinya akan lebih besar,” terangnya.

Sebenarnya Pemkot Palembang sebut Harnojoyo, mampu untuk menganggarkan dana tersebut. Hanya saja, ia berpikir sayang dana sebesar itu hanya digunakan untuk alat operasional cadangan bagi PDAM. “Dana itu cukup besar, kalau hanya untuk genset. Tapi, kami berharap kedepan pelayanan PT PLN tidak terganggu lagi sehingga pelayanan PDAM juga terganggu,” tukasnya.

 

TEKS          : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster