Tes CPNS Harus Selesai Tahun Ini

 157 total views,  2 views today

PALEMBANG – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB) menginstruksikan agar seleksi calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014, dapat rampung tahun ini juga. Hal itu mengingat segera diberlakukannya moratorium penerimaan CPNS pada 2015 mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VII, Pramono Widyo Utomo yang dibincangi Kabar Sumatera menyebut, instruksi itu sudah diterima BKN. Di Sumsel jelasnya, instruksi tersebut sudah dilaksanakan. Saat ini jelasnya, sudah banyak kabupaten/kota yang melakukan seleksi CPNS.

“Pelaksanaan seleksi CPNS sendiri dilaksanakan di daerah, namun ada yang digelar di Kantor Regional BKN VII di Jakabaring. Namun itu, hanya untuk Kabupaten PALI. Rencananya seleksi nya digelar 5 Desember mendatang. Karena pesertanya membludak, maka pelaksanaanya seleksi nya bisa lama,” kata Pramono, Kamis (13/11).

“Secara normal, pelaksanaan tes untuk Kabupaten PALI, diprediksi akan menghabiskan waktu lebih dari 40 hari. Memang secara normal bisa lewat dari tahun 2014, oleh karena itu kami meminta Pemkab PALI untuk menyediakan sekitar 150 komputer tambahan, sehingga bisa lebih cepat,” imbuhnya.

Untuk Kabupaten Muratara sebut Pramono, pelaksanaannya akan digelar secara mandiri di Kota Lubuk Linggau. Hingga saat ini, proses seleksi administrasinya belum selesai, sehingga BKN juga belum dapat membantu untuk menjadwalkan.

Sedangkan, untuk Kabupatan OKU Selatan, BKN belum tahu secara pasti jadwal seleksinya. Namun pelaksanaanya sebut Pramono, kemungkinan tetap diambil alih Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumsel, seperti rencana awal. “Kalau Muratara awalnya akan dilaksanakan di Kanreg VII, tapi Pemkot Lubuk Linggau siap menampung. Kami akan kawal semua jadwalnya, sehingga rampung tahun ini juga,” ujarnya.

Pramono menambahkan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin agar semua proses berjalan lancar. Terumata, berkoordinasi dengan PT PLN agar listrik tetap menyala selama proses tes berlangsung. “Semua proses tes, menggunakan listrik. Kalau listrik mati, server kacau,”katanya.

Sebelumnya Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Palembang, Kurniawan mengatakan, Palembang tahun ini tidak ada penerimaan CPNS dari umum, karena telah melakukan penerimaan dari tenaga honorer kategori dua (K2) tahun 2013.

Namun di rencanakan tahun 2015, baru akan membuka rekrutmen. “Kalau memang ada moratorium, pastinya harus ada Peraturan Pemerintah (PP), ada juklak dan juknisnya,” tukasnya.

 

TEKS            : ALAM TRIE PUTRA

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster