Terkait Perluasan Tanpa Izin, Warga Pagari Galian C

 227 total views,  2 views today

Ilustrasi salah satu kegiatan Galian C | Dok KS

Ilustrasi salah satu kegiatan Galian C | Dok KS

LAHAT – Warga Desa Prabu Menang Kecamatan Merapi Timur memagar batas titik koordinat Galian C’ milik H Ahmad Solihan. Soalnya, pihak pekerja Galian C’ sudah mengeruk hasil batu melampaui batas yang telah ditenntukan oleh Pemerintah Kabupaten Lahat. Sebelumnya warga setempat bersama pengurus BPD sudah merasa resah dengan aktifitas galian c, karena masyarakat tidak bisa mengambil batu di sungai lematang dikarenakan sudah dikeruk oleh mereka.

Sangkut, Ketua BPD Desa Prabu Menang Kecamatan Merapi Timur mengatakan, pihaknya telah melakukan demo disana, mereka mendapatkan hasil dimana pemerintah turun kelapangan untuk meng kroscek di lapangan.

“Demo kemarin, kita juga sudah rapatt dengan camat, hasilnya camat memutuskan agar galian C tidak mengeruk Sungai Lematang dengan melampaui batas titik koordinat yang ada,” ucapnya.

Jelasnya, masyarakt sudah memagar batas titik koordinat agar mereka tidak melampaui batas lagi.

“Kami harapkan pemerintah dapat memberikan tindakan tegas bagi pihak galian C milik H Ahmad solihan tersebut,” harapnya.

Kepala Badan Perizinan Terpadu Kabupaten Lahat Elfa Edison mengatakan, pihaknya sudah turun kelapangan paska demo yang dilakukan oleh warga.

“Mereka itu zudah lewat izinnya dan lokasinya pun sudah melampaui batas, untuk saat ini mereka belum kesini untuk mengurus izin kembali,” terang Elfa.

Lanjutnya, pihaknya belum lagi mengkroscek lapangan apakah mereka masih bandel atau tidak.

“Kita ingin mereka secara cepat memperpanjang kembali izin supaya penambangan bisa berjalan kembali,” katanya.

 

TEKS      : JUMRA ZEFRI
EDITOR    : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster