Dirjen Perdagangan Survei Kelayakan Pasar Pangkalan Balai

 721 total views,  6 views today

BANYUASIN – Direktorat Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Jimmy Bela mengunjungi Pasar Kota Pangkalan Balai, Kamis (14/12). Jimmy Beserta rombongan dari Jakarta ini bermaksud untuk mensurvey kelayakan pasar Pangkalan Balai untuk bisa di bantu rehabilitasi dari dana APBN pusat.

Pantauan dilapangan Jimmy Bela sangat terkejut melihat para pedagang berjubel di pasar tersebut. Diwawancarai disela-sela survei, Jimmy Bela mengatakan, pasar Pangkalan Balai merupakan ikonnya kabupaten Banyuasin.

Namun, sayangnya Banyuasin belum memiliki pasar yang layak sebagaimana persisnya pasar, maka menurutnya pasar Pangkalan balai Harus dibantu oleh pemerintah pusat. Apalagi program yang diusung presiden Jokowi sangat memperhatikan pasar tradisional agar tidak hanya menjadi konsumen dalam era pasar bebas tahun mendatang maka pasar harus dibangun modern.

“Menurut saya pasar Pangkalan Balai dari survey kami harus dibantu dari pusat sesuai usulan pemkab Banyuasin ke kami, usulan kami tampung, namun keputusan dibantu tidaknya ada di Jakarta,” katanya.

Di tempat terpisah Kepala Dinas Koperindag UKM-PM Kabupaten Banyuasin Hasmi SSos dalam rangkaian survey kelayakan pasar di 4 tempat terpisah antara lain Palembang, dan Pasar Pangkalan Balai Banyuasin, pasar Muara Enim dan pasar Prabumulih, Kadis Koperindag Banyuasin Hasmi, berharap pasar Kota Pangkalan Balai mendapat kucuran bantuan rehab pasar.

Ucap Hasmi, Penataan pasar balai masih banyak kekurangan dan terus menerus akan diperbaiki. Karena sektor pedagang kecil harus bersaing dengan pasar modern maka, akses pasar harus diperbaiki, dan satu jalan pusat telah mesurvey pasar Pangkalan Balai karena anggaran APBD terbatas untuk membangun pasar modern maka pusat kami harapkan bisa memberikan bantuan rehab pasar.

“Dengan konsep pasar moderen akan tetapi yang terjangkau harganya, artinya biaya sewa los dan retribusi pasar bisa diakses pedagang kecil,” tuturnya.

Kasi Kelembagaan dan UKM Agus, menambahkan, luas lokasi pasar Pangkalan Balai 1,5 ha lokasi pasar tidak akan dirubah tempat seandainya dapat bantuan maka pembangunannya tetap disini.

“Saya kira tidak ada pilihan lagi pusat harus memperhatikan pasar warga Pangkalan Balai, karena dilihat dari fisiknya saja pasar sangat tidak layak seperti pasar, akibat minimnya dana APBD Banyuasin, tidak ada pilihan lain kecuali melalui bantuan pusatlah yang bisa membantu rehab pasar kami,” kata Agus.

Kepala Pasar Pangkalan Balai Dedi Irawansyah menambahkan, jumlah pedagang dipasar Pangkalan Balai 1000 pedagang lebih, pasar ini menjadi tujuan pembeli dari lingkup warga Kecamatan Baanyuasin III dan Kecamatan terdekat seperti Rantau Banyur.

 

TEKS       : DIDING KARNADI

EDITOR     : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster