Dana Sertifikasi Guru Segera Cair

PAGARALAM – Setelah melalui proses lebih lanjut, akhirnya dana sertifikasi untuk 760 guru sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) hingga tingkat sekolah menengah atas dapat dicairkan dengan total mencapai Rp7,7 miliar. Hal itu dikemukakan Kepala DPPKA, H Haryanto SE MM MBA, Kamis (13/11).

Menurutnya, proses pencarian sudah tinggal pelaksanaan dari Dinas Pendidikan Nasional, sedangkan proses di DPPKA selesai.

“Ya, dana sertifikasi yang akan cair untuk tiga bulan yakni Juli sampai September 2014,” terangnya.

Ia mengatakan, proses pencairan hanya tinggal teknis saja dari Diknas, sedangkan di bagian keuangan sudah selesai.

“Rincian guru yang akan menerima pencairan dana sertifikasi terdiri dari 12 guru TK, 558 orang guru SD dan SMP sedangkan guru SMA dan SMK sebanyak 190 orang,” katanya seraya berujar sejauh ini tinggal proses administrasi di satuan kerja (Satker) yang bersangkutan paling lambat minggu depan sudah bisa dibayarkan.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pagaralam, Drs Syafrani mengatakan, secepatnya akan dicairkan untuk guru-guru yang sudah lulus sertifikasi.

“Saat ini proses pencairannya tinggal menunggu waktu saja, diperkirakan minggu depan sudah bisa dibayarkan,” sambungnya.

Mengenai kesempatan memperoleh sertifikasi lanjutnya, semua guru punya kesempatan asal memenuhi syarat.

“Para guru PNS maupun non-PNS memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan sertifikasi. Bagi guru swasta non-PNS boleh mengikuti sertifikasi lalu mendapatkan tunjangan sesuai sertifikasi itu. Di samping itu ada kredit poin tersendiri bagi guru swasta yang sudah mengabdi selama 26 tahun dan Guru tersebut akan mendapatkan tunjangan sesuai poin yang didapat,” jelasnya.

Meski begitu ia menyakinkan dan menyatakan agar sekolah atau perguruan tinggi swasta tidak usah merasa minder atau berkecil hati bekerja di sekolah bukan negeri. Karena secara prinsip, tidak ada perbedaan antara sekolah swasta dengan sekolah negeri.

 

TEKS     : ANTONI STEFEN
EDITOR   : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com