Ada 35 Titik Rawan DBD di Kota Lubuklinggau

 333 total views,  2 views today

Foging untuk Mengantisipasi DBD

Ilustrasi Foging untuk Mengantisipasi DBD | Dok KS

LUBUKLINGGAU – Peralihan musim panas ke musim hujan terutama pada awal-awal musim hujan seperti saat ini, masyarakat harus mewaspadai merebaknya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebab gigitan nyamuk aedes aegypti.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Lubuklinggau, saat ini ada 35 titik rawan DBD diantaranya di Kelurahan Cereme Taba, Mesat, dan Jawa Kanan SS, Kecamatan Lubuklinggau Timur II serta Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

“Masyarakat harus waspada terhadap penyebaran DBD, diawal musim hujan ini. Di Lubuklinggau, ada 35 titik indemis dan rawan DBD, tapi alhamdulillah sekarang belum ada peningkatan pasien BDB,” kata Kepala Dinas Kesehatan Lubuklinggau, Nawawi Akip kepada Kabar Sumatera, Kamis (13/11).

Dikatakannya, untuk mengantisipasi penyebaran nyamuk penyebab DBD tersebut, Dinkes secara bergulir mulai melakukan pengasapan (fogging) di 35 daerah endemis seperti di Kelurahan Cereme Taba, Mesat, Sukajadi dan Jawa Kanan SS.

“Sampai saat ini, belum ada peningkat korban DBD. Kita berharap tidak ada. Kami menghimbau kepada masyarakat, agar tidak hanya mengandalkan fogging yang dilakukan Dinkes dalam membasmi nyamuk penyebar DBD,” pintanya,

Sebab lanjut dia, fogging bukan untuk penanggulangan nyamuk secara keselurahan, karena fogging hanya bersifat membasmi nyamuk dewasa, sedangkan jentik-jentiknya tidak mati. “Jentik tidak mati dengan fogging, itu bisa diatasi dengan melakukan pemusnahan sarang nyamuk atau PSM, nah kalau langkah ini dilakukan oleh masyarakat mudah-mudahan BDB bisa dihindari,” ujarnya.

Masih kata dia, masyarakat dapat melakukan PSM dengan menguras tempat penampungan air, membersihkan saluran pembuangan air, sisa-sisa gelas air minum dalam kemasan, mengubur sampah, dan menjaga kebersihan lingkungan rumah terutama membereskan genangan-genangan air.

 

TEKS           : SRI PRADES

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster