61 Desa di OKI tak Nikmati Layanan Kesehatan

 191 total views,  2 views today

Ilustrasi | Google Image

Ilustrasi | Ist

KAYUAGUNG – Program pemerintah untuk layanan kesehatan yang maksimal hingga menjangkau seluruh pelosok desa belum terwujud. Dari sekian banyak desa yang ada di OKI masih sebanyak 61desa yang hingga kini memprihatinkan karena tidak pernah menikmati layanan kesehatan. Pernyataan ini diungkapkan langsung Kepala Bappeda Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Makruf, saat menyampaikan paparannya pada resen anggota dewan provinsi Sumsel dapil OKI dan OI belum lama ini.

Kata Makruf, tidak pernah dinikmatinya layanan kesehatan oleh warga desa tersebut. Karena tidak adanya fasilitas kesehatan sedikitpun di desa-desa itu.

“Nah, makanya melalui program pak bupati, kita akan mewujudkan satu desa satu poskesdes. Sehingga layanan kesehatan bisa menjangkau seluruh pelosok desa, terutama desa-desa yang selama ini tidak mendapatkan layanan kesehatan.” ujarnya.

Lanjut Makruf, tidak hanya persolan layanan kesehatan yang saat ini masih memprihatinkan. Akan tetapi masalah akses air bersihpun demikian. Dimana saat ini baru 45 persen masyarakat yang bisa menikmati air bersih, sementara sisanya belum. Terutama bagi masyarakat di pesisir pantai, seperti Air Sugihan yang kesulitan menikmati air bersih.

Persoalan yang tak kalah penting juga ada pada lintrik. Khususnya bagi warga yang tinggal di wilayah timur. Bahkan tercatat ada 143 desa yang sampai saat ini tidak menikmati penerangan listrik.

“Permasalahan-permasalahan itu harus bisa kita tuntaskan dengan berbagai program yang ada selama lima tahun kedepan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan OKI, HM Lubis SKM MKes, melalui Kasi Monitoring, Iskandar Fuad, SSos, saat dikonfirmasi terkait  masih ada 61 desa yang tidak pernah mendapat layanan kesehatan itu, mengatakan bahwa Makruf itu salah bicara.

“Ah, Kepala Bappeda itu basing bae ngomongnyo. Sudahlah,” tandas Fuad saat dimintai komentarnya.

 

TEKS    : DONI AFRIANSYAH

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster