Kembangkan Potensi Agriculture, Empat Lawang Kerjasama dengan Philipina

 490 total views,  2 views today

Tugu Emass Salah satu Icon Kab Empat Lawang

EMPAT LAWANG – Memaksimalkan kualitas hasil produksi pertanian dan perkebunan di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, Pemkab Empat Lawang menjajaki kerjasama dengan berbagai negara salah satunya Philiphina.

Kerjasama tersebut, dimulai dengan kunjungan perwakilan Chief Science Research Specialist Philipines Center for Postharvest Develovment and Mechanization (Philmech), Romualdo Martinez Ph.D ke Empat Lawang, Rabu (12/11).

Dihadapan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Empat Lawang, Romualdo langsung memberikan paparan untuk pengembangan kualitas produksi pertanian dan perkebunan di Empat Lawang.

Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA) melalui Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), H Nanti Kasih Ade menyebut bidang agriculture adalah potensi dominan di Empat Lawang.

Makanya sebut Nanti, sesuai visi misi Pemkab Empat Lawang, akan digagas perkembangan mulai dari peningkatan produksi dan kwalitasnya. Nah, kebetulan Philipina juga memiliki komoditi unggulan agriculture bagus seperti kopi, kakao, jagung dan beras.

Sehingga terang Nanti, kemampuan Philipina dalam peningkatan hasil panen tersebut harus dimanfaatkan oleh Pemkab Empat Lawang. “Kita beruntung, bisa dikunjungi tim dari Pusat kajian pertanian di Philiphina. Ini adalah lembaga kajian dibawa Kementrian Pertanian mereka,” ujarnya.

Kedepannya ucap Nanti, diharapkan ada kerjasama dengan Philipina untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian dan pengembangan teknologi pengelolaan hasil produksi di Empat Lawang.

“Kita akan jajaki kerjasama dengan Philipina, sehingga bisa ada pelatihan bagi petani dan penyuluh pertanian di Empat Lawang. Kerjasama juga dikembangkan ke arah ekspor produk pertanian kita ke Philipina seperti kopi dan kakao apalagi disana 45 persen dua komuditas ini masih di impor, sehingga itu peluang bagi kita,” tegasnya.

Sementara itu Romualdo mengaku senang bisa hadir ke Empat Lawang. Ia bersama rekannya Regen, sudah mengunjungi banyak tempat. Mengenai kerjasama Romi sapaan Romualdo, terbuka lebar.

Kerjasama tidak hanya dalam pengembangan mutu hasil panen dan kwalitas produksi, tetapi juga peningkatan kualitas SDM pertanian di Empat Lawang melalui pelatihan bagi petani dan penyuluh. “Semua mungkin, kita senang bisa ke Empat Lawang. Ekspor juga mungkin, sekarang 45 persen kita juga impor,” tukasnya.

 

TEKS        : SAUKANI

EDITOR      : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster