Dapat Bantuan Paling Kecil, Empat Lawang Merasa “Dianak Tirikan”

 223 total views,  2 views today

Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri

EMPAT LAWANG – Bupati Empat Lawang, H Budi Antoni Aljufri (HBA) meminta dana bantuan dari provinsi ke Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati tersebut, diperbesar. Sebab kata HBA, selama ini bantuan dari Pemprov Sumsel ke Empat Lawang, terbilang paling kecil dibandingkan kabupaten/kota lainnya di Sumsel.

HBA menyebut, ada anggapan kabupaten/kota lain di Sumsel kalau Empat Lawang di anak emaskan Pemprov Sumsel. Padahal ujarnya, itu salah besar. “Contohnya saja, tahun ini kami mendapatkan bantuan dari provinsi sebesar Rp 50 miliar. Bantuan itu, paling kecil jika dibandingkan kabupaten/kota lain di Sumsel. Yang lain mendapatkan ratusan miliar,” kata HBA saat berdialog dengan anggota DPRD Sumsel dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumsel VII, Rabu (12/11).

Empat Lawang jelas HBA, masih membutuhkan banyak bantuan dari provinsi untuk percepatan pembangunan. Jika Empat Lawang dibantu setiap tahunnya lebih besar misalnya Rp 100 miliar, HBA yakin pembangunan di Empat Lawang semakin pesat. “Karenanya saya berharap DPRD Sumsel, bisa membantu agar alokasi dana bantuan untuk Kabupaten Empat Lawang bisa lebih besar lagi,” harap HBA.

HBA juga meminta kedepannya, ada konsistensi bantuan yang diberikan. Maksudnya, kalau sudah ada kesepakatan ada program yang diberikan ke daerah maka kelanjutannya harus jelas dan jangan dirubah.

“Contoh pembangunan terminal, Dishub Sumsel meminta kita menyiapkan lahan dan sudah kita siapkan. Namun sampai saat ini, tidak jelas kelanjutannya. Pembangunan terminal tersebut, baru sebatas pengerasan. Mereka minta kita ajukan permohonan bantuan, sebab provinsi dilarang membangun aset untuk kabupaten. Permohonan sudah kita sampaikan, tetapi tidak ada realisasi,” ucap HBA.

Diakuinya, dengan adanya perwakilan Empat Lawang di DPRD Sumsel tentu masyarakat menaruh harapan besar, untuk percepatan pembangunan. Memang, sejauh ini pemkab sudah menggenjot hampir 100 persen akses jalan hingga ke desa-desa, bahkan sudah membangun jalan baru dan empat jembatan.

Tapi itu semua dari APBD murni Empat Lawang, nah kedepan menunggu bantuan provinsi agar fasilitas umum lebih cepat teratasi. “Tak hanya jalan dan jembatan, tolong pikirkan juga fasilitas lainnya seperti bidang kesehatan, lingkungan hidup, pertanian, perkebunan dan pasar,” harapnya.

Sementara itu anggota DPRD Sumsel, Yulius Maulana berjanji akan berupaya maksimal untuk mengupayakan dukungan dana dari provinsi ke Empat Lawang. “Insya Allah, kami anggota DPRD Sumsel dari dapil VII akan bekerja maksimal, sehingga serapan bantuan ke dapil VII terutama Empat Lawang bisa lebih banyak lagi di tahun mendatang,” janji Yulius.

Politisi PDI Perjuangan ini memberikan apresiasi, pencapaian pembangunan Empat Lawang yang cukup pesat terutama penyelesaian infrastruktur, seperti jalan dan jembatan rampung hampir 100 persen. “Kita apresiasi pembangunan Empat Lawang sangat pesat, kedepan akan kita upayakan bantuan maksimal dari provinsi dibidang lainnya seperti pertanian, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur pelayanan publik lainnya,” tukasnya.

 

TEKS           : SAUKANI

EDITOR         : DICKY WAHYUDI





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster