Ketua DPRD Lahat : Tak Lincah SKPD Direshuffle Saja

 143 total views,  2 views today

LAHAT – Usai semua alat kelengkapan dan ketua dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Lahat resmi dilantik beberapa hari lalu, langkah strategis dalam memonitor jalannya roda pembangunan di Kabupaten Lahat untuk lima tahun kedepan mulai digencarkan.

Bahkan pihak DPRD Lahat meminta, agar pejabat di jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) diganti atau direshuffle saja, jika dianggap tidak memiliki kemampuan. Baik itu, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, maupun pengelolaan penambahan PAD, dan mendatangkan berbagai bantuan dari pusat demi kepentingan pembangunan di Kabupaten Lahat, lebih baik atau diganti.

Ungkapan bernada stressing tersebut dilontarkan oleh Ketua DPRD Lahat, Herliansyah, SH, MH saat dibincangi wartawan kemarin. Menurut pria sering disapa Herly ini, keberhasilan pembangunan di bumi seganti Setungguan ini sangat ertat kaitannya dengan kinerja para pejabat di lingkungan Pemkab Lahat.

Sebab pembangunan tidak hanya membutuhkan keseriusan saja, tapi lebih penting lagi, pejabat tersebut harus mempunyai kemampuan dan menopang beban moral bagi kemajuan pembangunan. Sehingga misi pemerintah membangun Lahat akan cepat dicapai.

“Kita butuhkan pejabat yang cerdas, terutama dalam membaca peluang jemput bola. Karena banyak sekali bantuan yang bergulir dari pusat itu. Jika pejabatnya tidak cekatan, maka akan dimabil daerah lain. Kedepan, kita ingin PAD Lahat harus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya. Nah, jika tidak dilakukan dengan sungguh sungguh dan dikelola dengan baik pembangunan di Lahat akan tetap stagnan. Makanya, kita minta agar pejabat yang kurang gereget dan tidak cerdas memanfaatkan peluang diganti saja,” tegasnya kemarin.
Kata Herly, pihaknya sendiri akan terus melakukan monitor terhadap kinerja jajaran SKPD, khususnya di kalangan pejabatnmya.

“Pak Bupati Lahat, juga dengan lantang meminta dewan melakukan pengawasan dan kontrol terhadap kinerja para SKPD,”ujarnya.

Terpisah, Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Riva’I, SE memang berharap adanya kerjasama yang baik dalam membangun Lahat kedepan. Bahkan, Aswari menegaskan, supaya dewan bisa memberikan pengawasan ketat dalam perjalanan roda pemerintahan di bawah kepemimpinannya tersebut.

“Dalam momentum pelantikan ketua DPRD ini, kami sangat berharap dewan bisa mengawal lembaga, baik di tubuh DPRD sendiri, maupun Pemkab lahat selaku eksekutif khususnya. Sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kita tidak ingin gagal dalam hal menjalankan roda pemerintahan. Untuk itu kita butuh kontrol dan pengawasan sehingga perencanaan pembangunan yang akan dijalankan tepat, dan sesuai rencana yang berdampak bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” tandas Aswari, dalam sambutan di paripurna pelantikan ketua DPRD Lahat.

 

TEKS       : JUMRA ZEFRI
EDITOR     : RINALDI SYAHRIL





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster