“Peserta BPJS Ditolak, Segera Lapor”

 223 total views,  2 views today

PAGARALAM – Guna mengoptimalkan pelayanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (JKN BPJS) Kesehatan, pihak KLO BPJS Cabang Lubuklinggau melalui KLO BPJS Pagaralam siap terima berbagai complain dari peserta kesehatan. Hal itu dikemukakan Kepala KLO BPJS Cabang Lubuklinggau Novi Kurniadi SKM AAK melalui Kepala KLO BPJS Pagaralam Susiana, kemarin (10/11).

Dikatakan Susuiana, pihaknya siap menerima laporan bila ada pelayanan yang tidak puas dari pelanggan BPJS, dalam hal ini complain baik itu menyangkut pelayanan rujukan di rumah sakit ataupun masalah obat untuk segera dikoordinasikan ke pihak BPJS

“Sejak diluncurkannya program JKN BPJS, pihaknya sudah banyak bekerja sama dengan rumah sakit pemerintah ataupun yang dikelola swasta. Dengan demikian, jika ada penolakan pasien misalnya disalahsatu rumahsakit yang sudah bekerjasama dengan BPJS, yang bersangkutan (peserta BPJS, red) segera melapor dan akan kita tindaklanjuti,” ujarnya.

Susiana mengakui, penolakan rujukan misalnya bisa dilakukan pihak rumah sakit jika ruang rawat inap memang penuh ataupun tidak ada dokter yang menanganinya. Sebab katanya, belum lama ini pihak BPJS Pagaralam sempat menerima laporan adanya kasus yang demikian dan langsung ditindaklanjuti ke salahsatu rumah sakit di Kota Palembang.

“Menyangkut pelayanan bagi peserta BPJS, apalagi sifatnya gawat darurat, kita siap memfasilitasinya,” katanya.

Disinggung mengenai obat BPJS jika mengalami kekosongan persediaan lanjutnya, berdasarkan petunjuk untuk pelayanan obat sudah ada ketentuannya. Yang mana sudah satu paket dengan pelayanan sesuai dengan kelas layanan dari peserta BPJS.

“Kalau stok obat habis, tetap menjadi tanggung jawab pihak rumah sakit untuk menyediakannya. Sementara jika pasien yang beli di luar, pasien bisa mengajukan klaim (ganti rugi, red) ke rumah sakit dan harus diganti nomialnya,” sebut Susiana seraya berkata, untuk saat ini sekitar 90 persen pelayanan di rumah sakit pemerintah adalah peserta BPJS.

 

TEKS   : ANTONI STEFEN

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster