PDSPME Belum Pernah Sumbang PAD

 289 total views,  2 views today

MUARAENIM – Sejak berdiri pada 2005 lalu, Perusahaan Daerah Sarana Pembangunan Muaraenim (PDSPME), belum sama sekali menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD). Padahal perusahaan ini, diharapkan bisa menyumbang PAD sebesar Rp 300 juta perbulan sebab dana Rp 2 miliar sudah digelontorkan Pemkab Muaraenim untuk pendirian perusahaan tersebut.

Manager Bisnis dan Produksi PDSPME, Bambang Widodo yang dibincangi Kabar Sumatera, Senin (10/11), mengakui itu. Ia menyebut PDSPME sampai saat ini, memang belum memberikan kontribusi PAD kepada Pemkab Muaraenim.

Bahkan sebut Bambang, PDSPME, sulit untuk memenuhi target Pemkab Muaraenim untuk menumpang PAD sebesar Rp300 juta per bulan. “Untuk Kontribusi ke PAD, memang belum. Saat ini pendapatan yang didapat, hanya cukup untuk menutupi operasional perusahaan. Setiap bulan pendapatan yang masuk hanya Rp 95 juta, itu belum dipotong pajak,” jelas Bambang.

Pendapatan PDSPME itu jelasnya, didapatkan melalui kerjasama dibidang transportasi angkutan batubara dengan PT Menambang Muaraenim (MME) dan Agro Langgeng, terkait kepemilikan kebun sawit milik PDSPME.

Menurutnya, belum adanya kontribusi untuk PAD, bukan berarti tidak ada kegiatan ataupun upaya dari manajemen PDSPME untuk menggapai target tersebut. Sejumlah kerjasama dengan perusahaan lain jelasnya, sudah terjalin.

Bahkan terang Bambang, PDSPME memiliki saham disejumlah perusahaan diantaranya Petro Enim Betun Selo di Kabupaten PALI. Perusahana tersebut jelas Bambang, bergerak dibidang eksplorasi minyak dan gas (migas).

Selain di Petro Enim Betun Selo menurut Bambang, PDSPME juga memiliki saham di PT Bumi Sekundang Enim Energi. Perusahaan ini ujarnya, bergerak dibidang penambangan batubara. “Perusahaan ini, sempat berproduksi. Tetapi kalori batubara yang dihasilkan tergolong rendah, sehingga perusahaan tersebut jalan ditempat,” ucapnya.

“Kita juga memiliki saham di PT Darumah Mitra Alam di Jakarta, perusahaan yang bergerak dibidang gas ini belum berjalan. Karenanya kita yakin, kedepannya bisa menyumbang PAD untuk Muaraenim. Sebab di 2015 mendatang, PT Petro Enim Betun Selon sudah mulai berproduksi,” tukasnya.

 

TEKS           : SISWANTO

EDITOR         : DICKY WAHYUDI

 





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Web development jasaweb wordpress - hosting by Niagahoster